Perkasa Untoro, Mikael (2025) Perancangan Komik Digital Tentang Biografi Tino Sidin. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (434kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (75kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (936kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (220kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (71kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (75kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip Download (13MB) |
Abstract
Tino Sidin dikenal sebagai sosok pendidik seni rupa yang menanamkan metode apresiatif dalam menggambar, di mana setiap ekspresi kreatif anak selalu dihargai tanpa kritik yang melelahkan. Namun, pendekatan ini mulai terlupakan dalam praktik pendidikan seni rupa saat ini, yang seringkali menitikberatkan pada hasil akhir dibandingkan proses kreatif. Tugas akhir ini bertujuan untuk menginspirasi calon pendidik seni agar memahami dan menerapkan metode apresiatif dalam pembelajaran seni rupa, sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung kreativitas anak tanpa rasa takut akan kesalahan. Penelitian ini dilakukan melalui metode observasi di Museum Taman Tino Sidin untuk memahami langsung jejak pemikiran dan metode yang diterapkan dalam pengajarannya, serta wawancara dengan Ir. Panca Takariyati Sidin guna memperoleh perspektif mendalam mengenai filosofi dan relevansi metode apresiatif dalam pendidikan seni saat ini. Kuesioner diberikan kepada pendidik seni anak - anak untuk memahami pemahaman mereka mengenai pendekatan ini, didukung dengan studi literatur serta analisis terhadap media eksisting terkait edukasi seni rupa. Hasil dari penelitian ini diwujudkan dalam bentuk komik digital yang mengemas nilai-nilai edukatif Tino Sidin secara visual dan naratif agar lebih relevan bagi calon pendidik seni di era digital. Tugas akhir ini diharapkan dapat berkontribusi dalam menanamkan kembali pentingnya apresiasi terhadap proses kreatif anak dalam pendidikan seni rupa. Selain itu, bagi universitas dengan program studi Desain Komunikasi Visual, penelitian ini dapat menjadi referensi dalam pengembangan media edukasi berbasis ilustrasi dan narasi visual. Dengan demikian, metode apresiatif Tino Sidin dapat terus diperkenalkan kepada generasi pendidik seni berikutnya untuk menciptakan pendekatan pembelajaran yang lebih inklusif dan mendukung kreativitas anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Perkasa Untoro, Mikael (00000057078) |
Contributors: | Flora, Christina |
Keywords: | Metode apresiatif, Pendidikan seni rupa, Komik Digital. |
Subjects: | 700 Arts and Recreation |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 06:36 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40129 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |