Regina Winata, Adeline (2025) Perancangan Kampanye Pentingnya Mengetahui Risiko dalam Investasi Saham untuk Gen Z. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (484kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (136kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (873kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (228kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (118kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kurangnya kesadaran terhadap risiko berinvestasi di kalangan Gen Z menjadi salah tantangan dalam investasi saham, di mana banyak investor Gen Z mengambil keputusan secara impulsif tanpa pemahaman yang cukup. Minimnya edukasi yang mudah diakses serta informasi dari media sosial yang sering kali menyebabkan kesalahan dalam pengambilan keputusan investasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang kampanye yang dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengetahui risiko berinvestasi bagi Gen Z agar mereka dapat berinvestasi secara bijak dan terencana. Metode perancangan yang digunakan adalah Advertising by Design dari Robin Landa serta pengumpulan data secara kualitatif dan kuantitatif. Kampanye ini dirancang dengan pendekatan digital melalui media sosial sebagai media utama, mengingat mayoritas Gen Z banyak memperoleh informasi dari platform tersebut. Hasil perancangan menghasilkan materi edukatif berupa konten visual interaktif, infografis, dan lainnya yang berfokus mengajak audiens memiliki kesadaran akan pentingnya konsep dasar investasi, manajemen risiko, serta riset sebelum berinvestasi. Kampanye ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran Gen Z terhadap pentingnya mengetahui risiko dalam berinvestasi serta mendorong pengambilan keputusan yang lebih rasional dan berbasis penelitian, sehingga mereka dapat berinvestasi secara lebih cerdas, aman dan berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Regina Winata, Adeline (00000057260) |
Contributors: | Brahma, Adhreza |
Keywords: | Risiko Investasi, Gen Z, Kampanye Digital |
Subjects: | 700 Arts and Recreation |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 06:39 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40147 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |