Juwita, Angie (2025) Perancangan Board Game Edukasi Mitigasi Tanah Longsor untuk Anak SD di Bandung. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (181kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (222kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (174kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Tanah Longsor merupakan salah satu bencana dengan frekuensi tinggi yang terjadi di Indonesia. Tercatat 6,872 kejadian dan secara spesifiknya terlah terjadi 110 kejadian di kawasan Bandung yang menjadikan Bandung sebagai kawasan yang rentan Longsor. Hal ini akan berdampak kepada salah satu kelompok yang rentan terhadap bencana yaitu anak-anak, permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini berupa kurangnya partisipasi dan keterlibatan anak-anak yang mengakibatkan kurangnya wawasan dan persiapan mereka dalam menghadapi bencana tanah longsor serta media yang dapat menyediakan pengetahuan masih sangat terbatas yang menyebabkan anak-anak masih banyak yang menjadi korban bencana. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah media edukasi namun juga interaktif yang menarik yaitu board game, dengan batasan perancangan ditujukan kepada anak-anak berusia 10 sampai 12 tahun yang menduduki sekolah dasar kelas 4 sampai 6, anak-anak dengan sifat senang bermain, bereksplorasi hal-hal yang baru dan mempunyai antusias belajar yang tinggi yang berdomisili di kawasan rantan longsor di Bandung. Perancangan ini menggunakan metode game design Tracy Fullerton dengan tahapan ideation, prototyping, dan playtesting. Perancangan ini juga didukung dengan penelitian dilakukan dengan metode kualitatif, yaitu dengan observasi, wawancara, studi eksiting, dan studi referensi, dengan tujuan untuk memahami lebih lanjut mengenai topik perancangan yang dilakukan. Hasil perancangan yang dilakukan diharapkan dapat menjadikan media edukasi untuk anak-anak dengan menambah wawasan dan ilmu mengenai tanah longsor dan mitigasinya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Juwita, Angie (00000057267) |
Contributors: | Satyagraha, Aditya |
Keywords: | Tanah Longsor, Board Game, Edukasi, Anak-anak |
Subjects: | 700 Arts and Recreation |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 06:40 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40150 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |