Candana, Fusi (2025) Perancangan Kampanye Interaktif Gerakan Mengurangi Seksisme bagi Remaja Laki-Laki. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (302kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (720kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (302kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (281kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Budaya patriarki di Indonesia menyebabkan isu sosial seperti seksisme. Seksisme adalah pola pikir dan tindakan diskriminasi terhadap suatu gender tertentu yang mengarah pada stigma peran dan tingkatan berbeda antara laki-laki dan perempuan. Ketidakadilan ini melahirkan gerakan menjunjung hak kesetaraan perempuan. Di era teknologi yang banyak pengguna aktif media sosial, kian banyak pula yang berani berpendapat bersifat seksis, serta konten dan opini negatif ini mudah menyebar di media sosial. Seksisme berdampak ke semua pihak, terutama remaja laki-laki yang bisa menjadi contoh buruk dan berpotensi ditiru tanpa pemahaman memadai dan berdampak ke masa depan individu mereka, seperti cyberbullying dan perilaku negatif lainnya. Tujuan penelitian adalah merancang kampanye interaktif mengurangi seksisme bagi remaja laki-laki dengan tujuan memahami dan ajak melawan tindakan seksisme yang marak terjadi terhadap perempuan. Metode perancangan yang digunakan adalah metode design thinking dan menggunakan strategi komunikasi AISAS untuk membantu perancangan kampanye. Media utama dari perancangan ini adalah interactive storytelling website agar penyampaian pesan mudah dipahami secara emosional dan melihat dari sudut pandang korban mengenai seksisme. Dan didukung dengan media sekunder yang didasari strategi komunikasi AISAS, yang terdiri atas sponsored Instagram story, sponsored Instagram post, poster, merchandise, dan gimmick. Dengan pendekatan persuasif dan inovatif, diharapkan remaja laki-laki dapat mengerti bahwa seksisme itu tidak baik dengan pendekatan pemahaman kesetaraan gender.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Candana, Fusi (00000057452) |
Contributors: | Hefira, Vania |
Keywords: | seksisme, kesetaraan gender, interactive storytelling, kampanye |
Subjects: | 700 Arts and Recreation |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 06:43 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40169 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |