Hermanto, Steviana (2025) Strategi Pemasaran Media Sosial untuk Menciptakan Keterlibatan Pelanggan PT Mutuagung Lestari Tbk. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (3MB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (968kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (202kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah cara perusahaan dalam menjalin komunikasi, termasuk di sektor Business to Business (B2B). Media sosial digunakan untuk membangun interaksi dan memperkuat citra perusahaan. PT Mutuagung Lestari Tbk sebagai lembaga pengujian, inspeksi, dan sertifikasi memanfaatkan media sosial Instagram @mutuinternational untuk memperkenalkan layanan dan membangun relasi dengan mitra bisnis. Namun, tingkat engagement akun tersebut tergolong rendah dibandingkan kompetitor. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi social media marketing yang diterapkan PT Mutuagung Lestari Tbk serta dampaknya terhadap customer engagement. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah konsep Business to Business Communication, Social Media Marketing, dan Customer Engagement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan perusahaan mencakup lima dimensi utama: penciptaan konten, distribusi konten, manajemen komunitas, pemantauan sosial, dan evaluasi kinerja. Namun, beberapa strategi belum sepenuhnya optimal dalam membangun interaksi dua arah yang kuat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa relevansi konten, gaya komunikasi, serta konsistensi respons terhadap audiens menjadi faktor penting dalam meningkatkan customer engagement. Rekomendasi diberikan untuk perbaikan strategi konten dan manajemen komunitas agar mampu menciptakan komunikasi digital yang lebih efektif dan berdampak.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Hermanto, Steviana (00000057621) |
Contributors: | Lolita, Theresia Lavietha Vivrie |
Keywords: | Social Media Marketing, Customer Engagement, B2B Communications, Instagram, Strategi Konten |
Subjects: | 300 Social Sciences |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 06:44 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40173 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |