Perancangan Kampanye Pemasaran untuk Membangun Minat Menonton Film Indonesia melalui Netflix

Metadewi Hartono, Eveline (2025) Perancangan Kampanye Pemasaran untuk Membangun Minat Menonton Film Indonesia melalui Netflix. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (127kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (200kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (119kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip

Download (13MB)

Abstract

Industri film di Indonesia semakin berkembang pesat seiring dengan keberadaan platform Over-The-Top (OTT). Sejak pandemi COVID-19, Gen Z lebih memilih untuk melakukan streaming dibandingkan menonton di bioskop. Saat ini, Netflix menjadi top-of-mind mayoritas pengguna OTT karena menghadirkan beragam konten yang orisinal dan berkualitas. Meskipun menawarkan peluang besar, dominasi film asing membawa tantangan baru bagi daya saing konten Indonesia pada platform OTT. Selain itu, film lokal belum dipromosikan dengan upaya kampanye yang cukup. Penelitian ini bertujuan meciptakan kampanye pemasaran untuk menunjukkan potensi film Indonesia dan membangun minat menonton film Indonesia melalui platform OTT, khususnya Netflix. Design Thinking oleh Hasso Plattner (2010) digunakan selama proses perancangan media kampanye. Hasil dari kuesioner membuktikan bahwa minat menonton responden di Netflix memiliki kecenderungan terhadap konten Korea dan Barat. Terkait hal ini, penemuan dari wawancara menyatakan bahwa kesadaran masyarakat terhadap film Indonesia masih rendah. Pakar industri juga menekankan kebutuhan akan upaya distribusi dan promosi untuk mendukung perkembangan kreasi dan produksi film saat ini. Perancangan ini diharapkan dapat memperluas jangkauan dan memberikan kontribusi baik bagi pertumbuhan industri perfilman Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Metadewi Hartono, Eveline (00000057828)
Contributors: Nurfarina, Anne
Keywords: Film Indonesia, Platform OTT, Gen Z, Kampanye Pemasaran, Netflix
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40175

Actions (login required)

View Item View Item