Pengaruh User-Brand Involvement, Brand Trust, Brand Engagement, dan Positive Word-of-Mouth terhadap Brand Loyalty (Studi pada Pengguna Prime Video di Jabodetabek)

Voldy Egeten, Denis (2025) Pengaruh User-Brand Involvement, Brand Trust, Brand Engagement, dan Positive Word-of-Mouth terhadap Brand Loyalty (Studi pada Pengguna Prime Video di Jabodetabek). Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (764kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (554kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (906kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (364kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Layanan subscription video on demand (SVOD) semakin berkembang di Indonesia, didorong oleh meningkatnya penetrasi internet dan perubahan perilaku konsumsi media. Secara global, Prime Video merupakan salah satu pemimpin industri ini. Namun, Prime Video di Indonesia justru menghadapi tantangan dalam menarik dan mempertahankan pelanggan. Fenomena ini mendorong perlunya pemahaman mengenai faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas konsumen terhadap Prime Video di pasar Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh user-brand involvement, brand trust, brand engagement, dan positive word-of- mouth terhadap brand loyalty pada pengguna Prime Video di wilayah Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian conclusive dan teknik pengumpulan data secara cross-sectional. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring kepada 150 responden yang dipilih menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode judgemental sampling. Analisis data dilakukan menggunakan pendekatan Partial Least Squares­Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel independen, yaitu user-brand involvement, brand trust, brand engagement, dan positive word-of-mouth, berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty. Temuan ini menekankan pentingnya personalisasi, keterlibatan pengguna, serta komunikasi positif antar konsumen dalam membangun loyalitas terhadap layanan SVOD seperti Prime Video.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Voldy Egeten, Denis (00000057874)
Contributors: Prettypal Singh, Rajesh
Keywords: user-brand involvement, brand trust, brand engagement, positive word-of-mouth, brand loyalty, Prime Video
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:55
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40186

Actions (login required)

View Item View Item