Fellita Ratutansa, Felicia (2024) Analisis Perceived Value dan Trust to E Grocery terhadap E-Grocery Repurchase Intention Telaah pada Aplikasi Sayurbox. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (3MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (657kB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (211kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Semakin tingginya minat dalam berbelanja online, membuat semakin banyak platform e-commerce dan marketplace bermunculan dan bersaing. Semenjak Covid-19 dikatakan 60% konsumen di Indonesia memilih untuk terus menggunakan cara belanja baru yaitu dengan omnichannel. Namun, disaat setiap e- commerce mengalami kenaikan karena perilaku belanja online salah satu platform e-grocery mengalami penurunan yaitu aplikasi Sayurbox. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab konsumen tidak berbelanja kebutuhan sehari-hari menggunakan Aplikasi Sayurbox. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif serta non-probability sampling dengan menggunakan data dari 200 responden Gen Z dengan rentang umur 18-25 tahun yang pernah berbelanja kebutuhan sehari-hari menggunakan aplikasi Sayurbox, tetapi sudah tidak menggunakan 3 bulan terakhir. Kemudian diolah menggunakan SmartPLS versi 4. Temuan dari penelitian ini adalah perceived price fairness memiliki pengaruh positif terhadap perceived value lalu efficiency, product excellence, service excellence memiliki pengaruh yang positif terhadap online shopping satisfaction, online shopping satisfaction memiliki pengaruh yang positif terhadap trust to e-grocery, trust to e-grocery memiliki pengaruh positif terhadap e-grocery repurchase intention. Lalu perceived value tidak memiliki pengaruh terhadap e- grocery repurchase intention. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa pengaruh terbesar ada pada online shopping satisfaction terhadap trust to e-grocery, oleh karena itu implikasi yang dapat diterapkan pada Aplikasi Sayurbox adalah dengan meningkatkan kegiatan sales promotion untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Fellita Ratutansa, Felicia (00000057897) |
Contributors: | Purnamaningsih, Purnamaningsih |
Keywords: | e-grocery, minat pembelian ulang, belanja online, Generasi Z |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 06:55 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40187 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |