Strategi Komunikasi Pemasaran Berbasis Pengalaman dalam Membangun Place Branding (Studi Kasus terhadap Sektor MICE di Kota Tangerang Selatan)

Ziddan Attariq Hafiz, Muhammad (2025) Strategi Komunikasi Pemasaran Berbasis Pengalaman dalam Membangun Place Branding (Studi Kasus terhadap Sektor MICE di Kota Tangerang Selatan). Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (487kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (571kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (261kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (232kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip

Download (9MB)

Abstract

Kota Tangerang Selatan sebagai daerah penyangga Daerah Khusus Jakarta memiliki potensi besar dalam pengembangan sektor pariwisata, khususnya melalui penyelenggaraan event MICE (Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi experiential marketing dalam membentuk place branding daerah, dengan studi kasus pada dua event MICE, yaitu Tangsel Marathon dan LDE BRIN. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, dokumentasi, arsip, dan observasi non-partisipan, lalu dianalisis menggunakan teknik open coding dan axial coding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima dimensi experiential marketing, yaitu sense, feel, think, act, dan relate telah diimplementasikan dalam kedua event tersebut untuk menciptakan pengalaman emosional, visual, intelektual, perilaku, dan sosial bagi peserta. Strategi ini berkontribusi pada konstruksi place branding dengan elemen seperti branding, media relations, publikasi internal, dan penciptaan daya tarik visual serta lingkungan buatan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa experiential marketing sebagai salah satu alat untuk memperkuat place branding sebagai tujuan akhirnya pada MICE di Kota Tangerang Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Ziddan Attariq Hafiz, Muhammad (00000058394)
Contributors: Berto, Agustinus Rusdianto
Keywords: Pemasaran Berbasis Pengalaman, Citra Tempat (Place Branding), MICE, Kota Tangerang Selatan, Pariwisata
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40231

Actions (login required)

View Item View Item