Cahya Putra, Daniel (2025) Perancangan Media Interaktif Etika dalam Bermain Game Online Multiplayer. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (711kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (237kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (681kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (344kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (195kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Industri game online multiplayer berkembang pesat di era digital, namun dibalik kemajuan ini muncul berbagai permasalahan etika seperti cheating, flaming, trolling, scamming, hingga toxic behavior. Perilaku tersebut seringkali dipicu oleh anonimitas dalam bermain serta minimnya edukasi mengenai etika digital. Penelitian ini bertujuan merancang media kampanye sosial interaktif berbasis website untuk meningkatkan kesadaran pemain terhadap etika dalam bermain game online. Perancangan kampanye ini menggunakan teori komunikasi Antar Venus serta metode design thinking yang meliputi tahapan empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pengumpulan data dilakukan melalui metode campuran, yaitu kualitatif dan kuantitatif, yang terdiri dari wawancara, focus group discussion, serta penyebaran kuesioner. Website dirancang dengan pendekatan gamifikasi, ilustrasi edukatif, dan kuis interaktif sebagai bentuk media edukasi yang partisipatif dan menarik. Melalui strategi ini, kampanye tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga mendorong keterlibatan emosional dan reflektif dari pengguna untuk mengenali dan memperbaiki perilaku bermain mereka. Sasaran utama dari kampanye ini adalah remaja dan dewasa muda yang merupakan pengguna aktif game online multiplayer. Diharapkan, hasil perancangan ini dapat menjadi alternatif media edukatif yang efektif dalam menumbuhkan kesadaran etika bermain serta mendorong terciptanya lingkungan bermain yang lebih sehat, positif, dan bertanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Cahya Putra, Daniel (00000058707) |
Contributors: | Satyagraha, Aditya |
Keywords: | Gamer, Etika, Multiplayer |
Subjects: | 700 Arts and Recreation |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 07:26 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40259 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |