Budaya Partisipatif Komunitas Virtual Online Games Valorant Indonesia Community dalam Platform Discord

Arya Kharismawan, Muhammad (2025) Budaya Partisipatif Komunitas Virtual Online Games Valorant Indonesia Community dalam Platform Discord. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (488kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (477kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (519kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (310kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (236kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan komunitas virtual dalam ruang digital seperti Discord telah menciptakan ruang sosial baru bagi para individu untuk membangun relasi dan membentuk budaya kolektif. Komunitas Valorant Indonesia Community (VIC) menjadi salah satu contoh komunitas virtual yang aktif, di mana para anggotanya tidak hanya terhubung karena menyukai Valorant, tetapi juga menunjukkan partisipasi aktif, ekspresi diri, dan kerja sama. Hal ini menunjukkan pentingnya memahami budaya partisipatif dan pola interaksi yang terbentuk di dalam komunitas virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk budaya partisipatif dan interaksi dalam komunitas VIC. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode Studi Kasus, serta menggunakan konsep budaya partisipatif dari Henry Jenkins dan konsep komunitas virtual dari Christine Hine sebagai dasar konsep. Data dikumpulkan melalui observasi-partisipatif, dokumentasi visual, dan wawancara dengan lima anggota aktif komunitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya partisipatif dalam komunitas virtual online games VIC terwujud dalam empat jenis, yaitu: ekspresi, afiliasi, kolaborasi, dan sirkulasi. Keempat bentuk ini hadir melalui gaya komunikasi informal, kolaborasi bermain, penyebaran konten, serta keterlibatan dalam struktur dan identitas komunitas. Temuan ini menyimpulkan bahwa komunitas VIC bukan hanya ruang bermain, tetapi juga membentuk lingkungan sosial digital yang dinamis dan bermakna, di mana identitas dan budaya kolektif tumbuh melalui partisipasi aktif anggotanya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Arya Kharismawan, Muhammad (00000059381)
Contributors: Anugrah Bangun, Cendera Rizky
Keywords: Budaya Partisipatif, Discord, Komunitas Virtual, Studi Kasus
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40291

Actions (login required)

View Item View Item