Rancang Bangun Aplikasi Tes Buta Warna berbasis Virtual Reality menggunakan metode Gamifikasi

Bernard William, James (2025) Rancang Bangun Aplikasi Tes Buta Warna berbasis Virtual Reality menggunakan metode Gamifikasi. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (215kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (556kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (202kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)

Abstract

Buta warna merupakan kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan atau ketidakmampuan untuk melihat atau membedakan warna tertentu dengan jelas. Buta warna dapat disebabkan karena kelainan pada saraf optik ataupun retina. Kondisi ini seringkali memberikan gangguan pada penderitanya, baik dalam kegiatan sehari-hari maupun saat penderita akan menempuh pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi maupun untuk melamar pekerjaan tertentu. Maka dari itu, perlu diadakan test atau pengujian untuk mengetahui apakah seseorang mengalami buta warna atau tidak. Tes Ishihara merupakan metode yang umum digunakan untuk mendeteksi buta warna, Namun dalam beberapa kasus, Tes buta warna yang dilakukan secara manual memiliki kekurangan seperti pemudaran warna pada buku yang dapat menyebabkan kesalahan interpretasi. Maka diperlukan test buta warna berbasis digital untuk menghindari masalah pemudaran pada buku manual. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi pengujian buta warna berbasis Virtual Reality (VR) dengan pendekatan gamifikasi menggunakan Framework Octalysis, guna meningkatkan pengalaman dan keterlibatan pengguna. Metode yang digunakan meliputi pengembangan aplikasi VR berbasis Unity dan evaluasi menggunakan User Acceptance Test (UAT). Penelitian ini telah berhasil diimplementasikan dan mendapatkan nilai penerimaan pengguna yang Sangat Baik dengan skor sebesar 91.61%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Bernard William, James (00000059431)
Contributors: Istiono, Wirawan
Keywords: Buta Warna, Gamifikasi, Tes Ishihara, User Acceptance Test, Virtual Reality
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40292

Actions (login required)

View Item View Item