Bernard William, James (2025) Rancang Bangun Aplikasi Tes Buta Warna berbasis Virtual Reality menggunakan metode Gamifikasi. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (215kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (556kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (202kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) |
Abstract
Buta warna merupakan kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan atau ketidakmampuan untuk melihat atau membedakan warna tertentu dengan jelas. Buta warna dapat disebabkan karena kelainan pada saraf optik ataupun retina. Kondisi ini seringkali memberikan gangguan pada penderitanya, baik dalam kegiatan sehari-hari maupun saat penderita akan menempuh pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi maupun untuk melamar pekerjaan tertentu. Maka dari itu, perlu diadakan test atau pengujian untuk mengetahui apakah seseorang mengalami buta warna atau tidak. Tes Ishihara merupakan metode yang umum digunakan untuk mendeteksi buta warna, Namun dalam beberapa kasus, Tes buta warna yang dilakukan secara manual memiliki kekurangan seperti pemudaran warna pada buku yang dapat menyebabkan kesalahan interpretasi. Maka diperlukan test buta warna berbasis digital untuk menghindari masalah pemudaran pada buku manual. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi pengujian buta warna berbasis Virtual Reality (VR) dengan pendekatan gamifikasi menggunakan Framework Octalysis, guna meningkatkan pengalaman dan keterlibatan pengguna. Metode yang digunakan meliputi pengembangan aplikasi VR berbasis Unity dan evaluasi menggunakan User Acceptance Test (UAT). Penelitian ini telah berhasil diimplementasikan dan mendapatkan nilai penerimaan pengguna yang Sangat Baik dengan skor sebesar 91.61%.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Bernard William, James (00000059431) |
Contributors: | Istiono, Wirawan |
Keywords: | Buta Warna, Gamifikasi, Tes Ishihara, User Acceptance Test, Virtual Reality |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 07:30 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40292 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |