Rancang Bangun Website Journaling Kebahagiaan Menggunakan Metode Gamifikasi dengan Framework Octalysis

Setyohadi, Jonathan (2025) Rancang Bangun Website Journaling Kebahagiaan Menggunakan Metode Gamifikasi dengan Framework Octalysis. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (215kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (665kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (205kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kebahagiaan merupakan aspek krusial dalam kesejahteraan psikologis, yang dapat ditingkatkan melalui intervensi berbasis bukti seperti journaling. Namun, konsistensi dalam journaling seringkali menjadi kendala. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah website self-help journaling kebahagiaan bernama "Are You Happy?" menggunakan metode gamifikasi dengan Octalysis Framework, serta mengukur peningkatan perceived ease of use dan behavioral intention to use terhadap website yang dikembangkan. Website ini diimplementasikan menggunakan teknologi React.js dan menyimpan data secara lokal. Evaluasi sistem dilakukan melalui survei kuesioner kepada 32 responden yang sebelumnya menggunakan template journaling umum, dengan menggunakan Hedonic-Motivation System Adoption Model (HMSAM). Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pada seluruh tujuh kategori HMSAM dibandingkan dengan template journaling tradisional, dengan peningkatan pada Perceived Ease-of-Use sebesar 26.02% dan Behavioral Intention to Use sebesar 24.17%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan gamifikasi berdasarkan Octalysis Framework berhasil meningkatkan persepsi kegunaan dan niat pengguna untuk terus menggunakan website dalam praktik journaling kebahagiaan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Setyohadi, Jonathan (00000059549)
Contributors: Gunawan, Dennis
Keywords: Gamifikasi, Journaling Kebahagiaan, Kerangka Kerja Octalysis, Niat Perilaku untuk Menggunakan, Persepsi Kemudahan Penggunaan
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:31
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40297

Actions (login required)

View Item View Item