Strategi Marketing Communications Mix WearInAsia dalam Meningkatkan Brand Engagement Pelanggan

Zain Perwira, Reindra (2025) Strategi Marketing Communications Mix WearInAsia dalam Meningkatkan Brand Engagement Pelanggan. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (671kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (555kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (425kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (305kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (231kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia telah memasuki era digital dengan 212 juta pengguna internet (74% dari total penduduk) pada Januari 2025 dan perkembangan e-commerce yang meningkat 11% dari 2024 ke 2025. WearInAsia sebagai e-commerce yang fokus pada active lifestyle, traveling, dan content creation memiliki keunikan dengan memiliki toko fisik berbeda dengan e-commerce lainnya. Perusahaan perlu menerapkan strategi marketing communications mix untuk meningkatkan brand engagement pelanggan. Penelitian ini menggunakan konsep marketing communications mix dengan 8 elemen: advertising, sales promotion, public relations and publicity, personal selling, direct and database marketing, online and social media marketing, mobile marketing, dan events and experiences. Konsep brand engagement sebagai usaha merek menciptakan interaksi berkelanjutan dengan konsumen. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus Robert K. Yin berparadigma post-positivisme. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Informan terdiri dari CMO WearInAsia, anggota tim marketing, dan ahli komunikasi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan WearInAsia menerapkan 6 dari 8 elemen marketing communications mix: advertising melalui digital platform (Meta Ads, TikTok Ads), sales promotion (bonus, bundling, potongan harga), public relations terbatas pada community outreach, online and social media marketing aktif di Instagram/TikTok/YouTube, direct marketing menggunakan Meta Pixel, dan events and experiences melalui "ONEMORE RUN" dan toko fisik bernamakan WearInAsia Experience Store. Personal selling tidak dilakukan karena berbasis platform digital, mobile marketing dihentikan karena kurang efektif. Simpulan penelitian menunjukkan strategi marketing communications mix WearInAsia dapat meningkatkan brand engagement pelanggan melalui optimalisasi media digital yang sesuai target audiens. Perusahaan berhasil membangun keterlibatan emosional dan perilaku konsumen melalui pengalaman merek.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Zain Perwira, Reindra (00000059778)
Contributors: Seto Wahjuwibowo, Indiwan
Keywords: Marketing Communications Mix, Brand Engagement, WearInAsia, E- commerce, Studi Kasus. xii Strategi Marketing Communications Mix..., Reindra Zain Perwira, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:35
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40319

Actions (login required)

View Item View Item