Identifikasi Faktor - Faktor Penentu Niat Beli Konsumen terhadap Produk Organik dari Brand Javara

Amelia Putri, Dhamar (2025) Identifikasi Faktor - Faktor Penentu Niat Beli Konsumen terhadap Produk Organik dari Brand Javara. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (765kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (748kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (865kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (890kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (280kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Saat ini sudah banyak masyarakat Indonesia yang memiliki kesadaran akan pentingnya kesehatan dan pola hidup sehat. Hal ini mendorong perubahan perilaku konsumsi masyarakat menuju pilihan yang lebih sehat serta berkelanjutan, salah satu tercermin dari meningkatnya minat terhadap makanan organik. Namun, meskipun minat terhadap makanan sehat dan organik semakin meningkat, tingkat konsumsi produk organik di Indonesia sendiri masih rendah. Beberapa penyebabnya seperti kurang edukasi, keterbatasan akses, kurang percaya klaim organik dan pasar yang belum optimal. Tantangan ini juga dihadapi oleh Javara, dimana permintaan pasar internasional jauh lebih kuat dan lebih siap dibandingkan dengan pasar domestik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji 7 Hipotesis yang didasari oleh theory consumption value, serta menggunakan analisis regresi berganda sebagai metode pengujian. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner pada google form dengan 165 responden yang memenuhi kriteria, serta dianalisis menggunakan IBM Statistic SPSS versi 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa consumer innovativeness, health benefits, convenience and availability, dan organic food knowledge berpengaruh positif terhadap purchase intention, dengan health benefits sebagai pengaruh terbesar. Sementara, functional value quality, social norms, dan green trust tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan masukan strategis untuk Javara dalam meningkatkan efektivitas pemasaran produk organik di Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Amelia Putri, Dhamar (00000059878)
Contributors: Purnamaningsih, Purnamaningsih
Keywords: consumer innovativeness, health benefits, convenience and availability, organic food knowledge, purchase intention
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:36
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40328

Actions (login required)

View Item View Item