Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust terhadap E-Loyalty dengan E-Satisfaction sebagai Variabel Mediasi pada Logistik E-Commerce

Fauzi, Ahmad (2025) Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust terhadap E-Loyalty dengan E-Satisfaction sebagai Variabel Mediasi pada Logistik E-Commerce. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (887kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (424kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (734kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (296kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Perkembangan e-commerce di Indonesia telah mendorong transformasi sektor logistik, dengan munculnya layanan logistik internal seperti Shopee Express dan penyedia pihak ketiga seperti J&T, JNE, SiCepat, dan GoSend. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-service quality dan e-trust terhadap e-loyalty dengan e-satisfaction sebagai variabel mediasi pada layanan logistik e-commerce di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, melibatkan responden pengguna yang pernah menggunakan layanan logistik tersebut. Data Pre-Test dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics 25 dan data Main-Test dianalisis menggunakan PLS-SEM dengan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-service quality dan e-trust berpengaruh signifikan terhadap e-satisfaction dan e-loyalty, kemudian e-satisfaction juga terbukti memediasi yang memperkuat pengaruh e-service quality dan e-trust terhadap e-loyalty. Secara keseluruhan, semakin baik kualitas layanan dan semakin tinggi kepercayaan pelanggan, maka kepuasan dan loyalitas mereka terhadap layanan logistik e-commerce akan meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Fauzi, Ahmad (00000060197)
Contributors: Dewi, Helena (0310098303)
Keywords: e-service quality, e-trust, e-satisfaction, e-loyalty, logistik e-commerce
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
Date Deposited: 09 Sep 2025 11:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40353

Actions (login required)

View Item View Item