Perancangan Kampanye Interaktif tentang Dampak Gentrifikasi terhadap Budaya di Bali

Bintang Larissa Ayu P., Putu (2025) Perancangan Kampanye Interaktif tentang Dampak Gentrifikasi terhadap Budaya di Bali. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (319kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (5MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (800kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (298kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (876kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pada tahun 2024, Bali diakui oleh TripAdvisor sebagai tujuan wisata terpopuler dan menerima penghargaan Traveler's Choice Awards 2024 dan menduduki peringkat kedua dengan Dubai di posisi teratas. Tak disangka, organisasi penerbit panduan perjalanan internasional Fodor's Travel, menganggap Bali tidak layak untuk dikunjungi karena overtourism dalam buku tahunan yang mereka terbitkan tentang tempat-tempat yang daya tariknya menurun. Ketika masalah gentrifikasi menjadi masalah yang jauh lebih mendesak, hampir tidak ada kampanye sosial tentang dampak gentrifikasi terhadap budaya Bali. Oleh karena itu, sebuah kampanye sosial interaktif dapat membantu menarik perhatian terhadap isu gentrifikasi dan dampaknya terhadap identitas budaya Bali dengan era digital saat ini di mana masyarakat telah beradaptasi dengan teknologi baru dan mencerminkan integritas mereka. tujuan penulis adalah untuk merancang kampanye interaktif tentang dampak gentrifikasi untuk wisatawan domestik berusia 20 tahun ke atas. Dengan menggunakan metode Human Centered Design, penulis dapat menyampaikan pesan yang ingin disampaikan melalui kampanye sosial yang interaktif. Penulis juga menggunakan penelitian kualitatif dan kuantiatif untuk memperdalam penelitiannya. Hasil testing kepada target audiens diterima secara positif karena mereka memahami pentingnya isu gentrifikasi yang berdampak pada lingkungan dan masyarakat Bali, juga mendorong untuk melakukan eksplorasi budaya pada saat mereka berkunjung ke Bali.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Bintang Larissa Ayu P., Putu (00000061229)
Contributors: Medyasepti, Frindhinia
Keywords: kampanye, gentrifikasi, Bali, overtourism
Subjects: 700 Arts and Recreation
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Date Deposited: 10 Sep 2025 05:35
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40408

Actions (login required)

View Item View Item