Pengaruh E-Service Quality, Customer Satisfaction, E-Trust terhadap Continous Usage Intention (Studi pada Konsumen E-Commerce BeautyHaul di Kalangan Gen Z)

Cahya Firdhaus, Muhammad (2025) Pengaruh E-Service Quality, Customer Satisfaction, E-Trust terhadap Continous Usage Intention (Studi pada Konsumen E-Commerce BeautyHaul di Kalangan Gen Z). Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (33MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (5MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (7MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (6MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh E-Service Quality, Customer Satisfaction, dan E-Trust terhadap Continuous Usage Intention pada konsumen Generasi Z pengguna BeautyHaul, sebuah platform e-commerce yang berfokus pada produk kecantikan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada meningkatnya persaingan di industri e-commerce kecantikan serta pentingnya menjaga loyalitas pelanggan melalui pengalaman layanan digital yang unggul. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori Technology Acceptance Model (TAM) dan Relationship Marketing. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner terstruktur kepada 100 responden aktif pengguna BeautyHaul. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Service Quality berpengaruh signifikan terhadap Customer Satisfaction dan E-Trust, yang kemudian secara signifikan memengaruhi Continuous Usage Intention. Di antara semua variabel, Customer Satisfaction dan E-Trust terbukti menjadi faktor mediasi utama dalam membentuk niat berkelanjutan untuk menggunakan platform. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan bahwa peningkatan kualitas layanan daring, kepuasan pengguna, dan pembangunan kepercayaan merupakan strategi penting untuk mempertahankan keterlibatan pengguna dan mendorong penggunaan jangka panjang BeautyHaul. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi manajemen e- commerce untuk berfokus pada kemudahan penggunaan, keamanan transaksi, dan dukungan pelanggan yang responsif sebagai atribut layanan yang krusial.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Cahya Firdhaus, Muhammad (00000061392)
Contributors: Prettypal Singh, Rajesh
Keywords: E-Service Quality, Customer Satisfaction, E-Trust, Continuous Usage Intention, E-Commerce Kecantikan
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
Date Deposited: 10 Sep 2025 05:37
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40421

Actions (login required)

View Item View Item