Syakhira Putri Febrianti, Dinda (2025) Pengaruh Karakteristik Audiens dan Storytelling dalam Iklan Ultracore terhadap Brand Equity Ultramilk. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (524kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (473kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (792kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (319kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (354kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh storytelling dalam iklan digital "Ultracore" yang ditayangkan melalui akun Instagram @mymilk_id terhadap brand equity Ultramilk Indonesia. Latar belakang penelitian ini adalah semakin masifnya penggunaan konten naratif dalam strategi pemasaran digital, khususnya di media sosial, serta pentingnya pemahaman terhadap efektivitas storytelling dalam membentuk persepsi konsumen terhadap merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode descriptive explanatory melalui penyebaran kuesioner kepada 174 responden yang merupakan pengikut akun @mymilk_id dan telah menyaksikan iklan Ultracore. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi linier sederhana untuk menguji pengaruh variabel storytelling terhadap brand equity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa storytelling berpengaruh secara signifikan terhadap brand equity, dengan nilai signifikansi < 0,001 dan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,730. Ini berarti 73% variasi brand equity dapat dijelaskan oleh kekuatan elemen naratif dalam iklan. Berdasarkan pendekatan Elaboration Likelihood Model (ELM), audiens cenderung memproses pesan melalui peripheral route, dengan respons yang lebih kuat terhadap karakter dan alur cerita dibandingkan pemrosesan logis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa storytelling merupakan strategi komunikasi yang efektif dalam membentuk brand equity melalui media sosial. Lalu pada penelitian lanjutan disarankan untuk menggabungkan variabel tambahan dan memperluas platform yang dikaji.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Syakhira Putri Febrianti, Dinda (00000061396) |
Contributors: | Syafuddin, Khairul |
Keywords: | Brand Equity, Storytelling, ELM, Ultramilk |
Subjects: | 300 Social Sciences |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 05:37 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40422 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |