Perancangan Kampanye Interaktif tentang Beauty Ageism

Prischa Dorothy Sinaga, Delsya (2025) Perancangan Kampanye Interaktif tentang Beauty Ageism. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (725kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (357kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (330kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (310kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Ageism atau diskriminasi berbasis usia merupakan fenomena sosial yang belakangan ini sedang marak dalam masyarakat Indonesia. Bentuk ageism datang dengan berbagai macam bentuk, namun salah satu bentuk ageism yang sangat berakar ada pada lingkungan kecantikan. Fenomena ageism dalam lingkungan kecantikan sering terjadi dalam platform media sosial. Masih banyak konten kecantikan yang menjual keawetan muda sebagai sesuatu yang harus diraih, sedangkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan flek-flek hitam merupakan sesuatu yang harus dihindari. Jika isu ini tidak diangkat, hal ini dapat mempengaruhi kesejahteraan mental dan fisik remaja. Penelitian ini bertujuan untuk merancang kampanye interaktif yang mengajak remaja generasi z menerima serta mengubah persepsi mereka terhadap penuaan. Peneliti menggunakan metode perancangan Advertising in Design milik Landa (2021) dengan harapan menciptakan kampanye interaktif yang memicu interaksi sosial. Media utama yang penulis gunakan berupa microsite dengan fitur interactive storytelling di dalamnya. Hasil dari perancangan menunjukkan bahwa kampanye interaktif tentang beauty ageism memberikan solusi bagi beberapa remaja generasi z untuk mengubah persepsi mereka terhadap penuaan, dengan menggunakan wanita tua di kehidupan mereka sebagai representasi yang nyata.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Prischa Dorothy Sinaga, Delsya (00000063917)
Contributors: Aryani Widjono, Rani
Keywords: Kampanye interaktif, beauty ageism, tugas akhir
Subjects: 700 Arts and Recreation
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Date Deposited: 10 Sep 2025 09:13
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40550

Actions (login required)

View Item View Item