Perancangan Komik Interaktif untuk Mengatasi Perilaku Doxxing bagi Remaja

Margareta, Stefany (2025) Perancangan Komik Interaktif untuk Mengatasi Perilaku Doxxing bagi Remaja. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (579kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (146kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (243kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (124kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Doxxing merupakan tindakan menyebarkan informasi pribadi seseorang tanpa izin dan dapat berdampak serius terhadap kesehatan mental serta rasa aman, terutama pada remaja yang aktif di dunia digital. Kurangnya pemahaman akan bahaya doxxing dan etika berinternet menjadi salah satu penyebab maraknya perilaku ini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang komik digital interaktif sebagai media edukasi yang mampu mengatasi dan mencegah perilaku doxxing di kalangan remaja. Komik digital interaktif dipilih karena memiliki daya tarik visual tinggi dan memungkinkan partisipasi pembaca melalui fitur-fitur seperti pemilihan jalur cerita (branching narrative), komentar, atau voting. Perancangan komik dilakukan dengan pendekatan desain komunikasi visual yang mengacu pada prinsip keterbacaan visual, konsistensi ilustrasi, integrasi naratif, psikologi warna, serta adaptasi terhadap platform digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) untuk merancang komik digital interaktif sebagai media edukasi mengenai bahaya doxxing di kalangan remaja. Subjek penelitian ini adalah remaja berusia 13­18 tahun, sedangkan objeknya adalah prototipe komik interaktif yang dikembangkan. Pengumpulan data diawali dengan studi literatur untuk mengkaji konsep doxxing, literasi digital, dan desain komunikasi visual, dilanjutkan dengan observasi terhadap perilaku remaja di media sosial untuk memahami bentuk doxxing dan faktor penyebabnya. Selain itu, wawancara dan konsultasi dengan ahli pendidikan, psikologi, dan desain komunikasi visual dilakukan untuk memperkuat konten edukatif dan konsep visual komik. Penelitian juga menggunakan kuesioner untuk mengetahui pemahaman awal dan preferensi remaja mengenai media interaktif.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Margareta, Stefany (00000064442)
Contributors: Flora, Christina
Keywords: komik digital interaktif, doxxing, remaja, literasi digital, etika berinternet, desain komunikasi visual.
Subjects: 700 Arts and Recreation
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Date Deposited: 10 Sep 2025 09:15
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40562

Actions (login required)

View Item View Item