Proposal Bisnis untuk Frost & flour

Duncan Matthew Pattikawa, Luke (2025) Proposal Bisnis untuk Frost & flour. Diploma Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (285kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (182kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (352kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (200kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (203kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)

Abstract

Industri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau yang biasa dikenal UMKM memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan kerja, dan melestarikan budaya. Salah satu UMKM yang muncul sebagai ide bisnis kreatif adalah Frost & Flour. Frost & Flour mengusung konsep inovatif dengan menggabungkan es krim dan roti, menghadirkan tiga rasa utama--cokelat, vanila, dan stroberi--yang disajikan dalam tiga format kreatif: one-dollar serving, toast bite, dan mix bite. Usaha ini menargetkan anak muda usia 18­25 tahun, khususnya mahasiswa di daerah Gading Serpong, yang memiliki minat tinggi terhadap makanan manis dan kekinian. Dengan harga terjangkau antara Rp. 20.000­Rp. 25.000. Frost & Flour menawarkan produk ekonomis, kemasan menarik, dan variasi menu yang berganti secara berkala untuk menjaga minat pelanggan. Penjualan dilakukan secara offline di G-Town Square Gading dan online melalui Instagram, GrabFood, dan GoFood. Promosi khusus dan program membership juga digunakan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Meskipun harga online sedikit lebih tinggi karena biaya aplikasi, nilai yang ditawarkan tetap kompetitif. Strategi Frost & Flour menekankan kualitas rasa yang konsisten, pemasaran berbasis tren, serta masukan pelanggan sebagai dasar pengembangan bisnis. Dengan menggabungkan pengalaman rasa dan visual yang unik, Frost & Flour menempatkan dirinya sebagai merek yang terjangkau namun tetap eksklusif. Frost & Flour diproyeksikan mencapai payback period pada hari ke-126 sejak mulai beroperasi. Bisnis ini diperkirakan menghasilkan keuntungan bersih setelah pajak sebesar Rp322.727 per hari, Rp9.681.904 per bulan, dan Rp116.181.653 per tahun. Margin keuntungan bersih mencapai 28,68%, yang menunjukkan tingkat profitabilitas yang kuat dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma Thesis)
Creators: Duncan Matthew Pattikawa, Luke (00000069007)
Contributors: Bikardi, R A Liska
Keywords: UMKM, industri makanan, bisnis dessert, es krim, Gading Serpong
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 647 Management Housekeeping, Restaurant, Hotel Management
Divisions: Faculty of Business > Hotel Operations
Date Deposited: 10 Sep 2025 09:28
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40621

Actions (login required)

View Item View Item