Perpindahan Merek Dompet Digital: Pengaruh Ketidakpuasan, Promosi, dan Kebutuhan Mencari Variasi

Santika Hanura Putri, Febi (2024) Perpindahan Merek Dompet Digital: Pengaruh Ketidakpuasan, Promosi, dan Kebutuhan Mencari Variasi. Master Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (286kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (507kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (499kB)

Abstract

Pertumbuhan pengguna e-wallet di Indonesia menunjukkan tren yang sangat positif, jumlah pengguna e-wallet meningkat secara signifikan setiap tahunnya. Beberapa alasan masyarakat Indonesia lebih memilih menggunakan pembayaran digital atau e-wallet adalah karena dirasa lebih nyaman, transaksi cepat, tidak perlu membawa banyak uang tunai dan kartu, mudah digunakan, lebih mudah melacak pengeluaran, lebih aman serta lebih higienis, hingga terdapat berbagai ragam promosi yang memberikan keuntungan bagi pengguna. Namun, di tengah pertumbuhan jumlah pengguna e-wallet di Indonesia, OVO sebagai salah satu dompet digital terkemuka di Indonesia mengalami tren penurunan hingga susah bersaing dengan kompetitornya seperti Gopay dan Shopeepay. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana pengaruh promosi dan ketidakpuasan terhadap perpindahan merek melalui kebutuhan mencari variasi pengguna e-wallet OVO di Jakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 127 responden menggunakan teknik non-probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi berpengaruh terhadap perpindahan merek, ketidakpuasan berpengaruh terhadap perpindahan merek, kebutuhan mencari variasi berpengaruh terhadap perpindahan merek, dan kebutuhan mencari variasi dapat menjadi variabel mediasi dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Creators: Santika Hanura Putri, Febi (00000072774)
Contributors:
  1. Susanto, Yosef Budi
  2. Kurniasari T., Florentina
Keywords: Promosi Penjualan, Ketidakpuasan, Kebutuhan Mencari Variasi, Perpindahan Merek, Pembayaran Non-tunai, Dompet Digital.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
Date Deposited: 10 Sep 2025 09:28
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40628

Actions (login required)

View Item View Item