Ho, Ming (2024) Pengaruh User Generated Content Starbucks Indonesia terhadap Repurchase Intention dimediasi Oleh Brand Attitude. Master Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (856kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (384kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf Download (1MB) |
Abstract
Starbucks Indonesia memanfaatkan user generated content di media sosial sebagai alat komunikasi pemasaran, dengan harapan bahwa interaksi organik dari konsumen dapat memperkuat citra merek dan mendorong loyalitas melalui pembelian ulang. Starbucks tidak hanya menampilkan pengalaman konsumen yang autentik, khususnya di tengah tantangan perubahan perilaku konsumen yang semakin kritis terhadap konten komersial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh UGC terhadap repurchase intention yang dimediasi oleh brand attitude. Pendekatan penelitian ini bersifat kuantitatif eksplanatif dengan metode survei. Data diperoleh dari 205 responden yang dipilih menggunakan purposive sampling melalui kuesioner daring. Dimensi UGC meliputi informing, co-communicating, co-creating, dan pioneering. Brand attitude mencakup dimensi kognitif, afektif, dan konatif, sementara repurchase intention terdiri dari minat transaksional, referensial, dan preferensial. Analisis dilakukan menggunakan path analysis untuk menguji pengaruh langsung maupun tidak langsung variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten buatan pengguna memiliki pengaruh signifikan terhadap brand attitude. Brand attitude juga berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention. Namun, User generated content tidak memiliki pengaruh langsung terhadap repurchase intention, melainkan melalui mediasi brand attitude. Hal ini menunjukkan pentingnya brand attitude konsumen sebagai variabel mediasi dalam hubungan antara User generated content dan repurchase intention.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Creators: | Ho, Ming (00000108199) |
Contributors: |
|
Keywords: | User Generated Content, Brand Attitude, Repurchase Intention |
Subjects: | 300 Social Sciences |
Divisions: | Faculty of Communication > Master Communication Studies |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 09:33 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40658 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |