Strategi Komunikasi Pemasaran Eksperiensial untuk Membangun Keterlibatan Pelanggan: Studi Kasus Event Semesta Buku Gramedia

Muhamad Adam, Bagus (2025) Strategi Komunikasi Pemasaran Eksperiensial untuk Membangun Keterlibatan Pelanggan: Studi Kasus Event Semesta Buku Gramedia. Master Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (812kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (823kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (848kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (959kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (628kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (647kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (437kB)
[img] Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip

Download (19MB)

Abstract

Disrupsi industri media buku menuntut penerbit dan toko untuk menyesuaikan model bisnis. Meskipun demikian, survei internal menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen masih menyukai buku fisik jika didukung pengalaman (experience) yang menyenangkan. Gramedia mengembangkan event "Semesta Buku" sebagai strategi komunikasi pemasaran berbasis pengalaman (experiential marketing) untuk menjaga pertumbuhan bisnis buku serta meningkatkan keterlibatan pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, mengadopsi paradigma postpositivisme, dan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan enam aktor kunci di Gramedia, analisis dokumen internal, serta observasi langsung. Sebelum penelitian dilakukan, dilakukan survei pra-riset terhadap 516 responden yang pernah mengikuti "Semesta Buku." Hasil survei menunjukkan 94,4% responden merasakan peningkatan keterlibatan mereka terhadap buku setelah mengikuti event. Penelitian mengacu pada konsep pemasaran eksperiensial dengan lima modul--Sense, Feel, Think, Act, Relate--dan konsep keterlibatan pelanggan yang mencakup dimensi kognitif, emosional, dan perilaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa "Semesta Buku" berhasil memaksimalkan dampak modul Sense, Feel, Act, dan Relate. Modul Think kurang berdampak maksimal. Penelitian ini menegaskan pentingnya pendekatan pemasaran berbasis pengalaman dalam industri buku. Gramedia berhasil meningkatkan penjualan serta membangun keterlibatan pelanggan. Keberhasilan "Semesta Buku" menjadi bukti bahwa pelanggan di era digital tidak hanya termotivasi oleh manfaat fungsional (harga), tetapi juga oleh pengalaman. Saran akademis mencakup pendalaman modul Think agar didapat hasil maksimal, mengingat buku adalah produk intelektual. Secara praktis, Gramedia disarankan untuk terus melakukan inovasi di setiap penyelenggaraan, memperluas kolaborasi dengan komunitas lokal, memaksimalkan penjualan hibrida (offline-online), dan mengadopsi pemasaran eksperiensial di toko- toko yang mereka miliki.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Creators: Muhamad Adam, Bagus (00000126773)
Contributors:
  1. Berto, Agustinus Rusdianto
  2. Djoewanto, Ig Haryanto
Keywords: pemasaran eksperiensial, keterlibatan pelanggan, disrupsi media, industri perbukuan
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Communication > Master Communication Studies
Date Deposited: 10 Sep 2025 09:35
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40672

Actions (login required)

View Item View Item