Riantiarno, Immanuel (2014) Proses penulisan advertorial di pt citra mulia. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (812kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (801kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sebagai mahasiswa komunikasi jurusan jurnalistik, penulis mengajukan praktek kerja magang agar penulis dapat merealisasikan pembelajaran yang telah diberikan pada masa perkuliahan. Penulis melaksanakan program magang yang diberikan selama dua bulan di PT Citra Mulia dan menjadi copywriter dalam melakukan penulisan artikel-artikel yang diperuntukkan untuk media cetak yakni Kompas. Dalam menjalankan tugasnya, seorang copywriter didasarkan pada fungsi yang ada yakni pemberian ide semenarik mungkin sampai pada penuangan ide ke dalam bentuk tulisan yang dapat menarik banyak pembaca. Dalam menjalankan tugas sebagai seorang copywriter, penulis melewati sebuah proses kerja jurnalistik di PT Citra Mulia yang dilaksanakan dengan melalui beberapa tahap yaitu pengungkapan ide, diskusi bahan atau materi yang akan dibahas sebagai iklan, sampai pada penuangan ke dalam tulisan seperti apa cara penyampaian dan terakhir layout yang akan dibuat agar pesan dari artikel yang penulis buat sampai pada pembaca dan menarik banyak kalangan. Dalam melakukan penulisan artikel pada koran Kompas, penulis harus mengetahui karakteristik yang ada pada koran Kompas tersebut baik dari segi bahasa maupun kontennya. Sebagai copywriter, penulis harus melakukan tugas-tugas sebagai copywriter yang nantinya tulisan tersebut akan diserahkan kepada Creative Director untuk diperiksa apakah tulisan penulis sesuai dengan materi yang telah didiskusikan. Setelah bagian Creative Director menerima dan menyetujui artikel yang dibuat, penulis akan mengarahkan hasil tulisan untuk dilayout kepada bagian Design Graphic. Kesimpulan yang dapat diambil dari praktek kerja magang di sini adalah koordinasi yang diperlukan dalam menuangkan ide ketika berdiskusi serta penuangan ide ke dalam tulisan sampai pada layout yang harus dilakukan agar hasil artikel iklan ini sesuai dengan kaidah yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Internship) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 384 Telecommunications (Handphone, Phone, Wireless Communication, Telegraph) 700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 791 Movie industry, Circuses, TV, Radio, Puppetry, Pageantry, Animal Performances |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 10 Jul 2018 08:40 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 03:50 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/4170 |
Actions (login required)
View Item |