Pengaruh eWOM Positif terhadap Intensi Bermain pada Pemain Game yang Tidak Puas

Suanto, William (2024) Pengaruh eWOM Positif terhadap Intensi Bermain pada Pemain Game yang Tidak Puas. Master Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (410kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (698kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menyelidiki perilaku post-consumption dalam industri game dengan cara mengetahui lebih dalam bagaimana positive eWOM mempengaruhi intensi gamer untuk bermain game jika sebelumnya mereka merasa tidak puas pada game tersebut. Penelitian ini menggunakan variabel attitude toward game dan subjective norms dari Theory of Planned Behavior (TPB) serta trust toward developer untuk menguji pengaruh positive eWOM terhadap intention to play. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel pemain game di Indonesia sejumlah 150 orang. Data dianalisis menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) memakai perangkat lunak SmartPLS 3.0. Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa positive eWOM tidak memiliki pengaruh langsung terhadap intention to play pada pemain game yang merasa tidak puas. Pengaruh positive eWOM terhadap intention to play harus dimediasi oleh attitude toward game dan trust toward developer. Salah satu kontribusi penelitian ini adalah memberikan informasi kepada pengembang game terkait faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi intensi pemain game untuk bermain jika sebelumnya mereka merasa tidak puas pada game yang mereka kembangkan.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Creators: Suanto, William (00000104023)
Contributors:
  1. Tjahjana, David (0314047207)
  2. Jimmy, So Yohanes (0317067305)
Keywords: Positive eWOM, Attitude toward game, Subjective Norms, Trust toward developer, Intention to play
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
Date Deposited: 21 Nov 2025 08:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/42362

Actions (login required)

View Item View Item