Faktor-Faktor yang Memengaruhi Continuance Intention Penggunaan Layanan Chatbot Berbasis Artificial Intelligence (VARA) di Universitas Multimedia Nusantara

Maulidina Nurrohmah, Winda (2025) Faktor-Faktor yang Memengaruhi Continuance Intention Penggunaan Layanan Chatbot Berbasis Artificial Intelligence (VARA) di Universitas Multimedia Nusantara. Master Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (764kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (444kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (561kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (598kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (331kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (326kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (79kB)
[img] Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital di perguruan tinggi menuntut peningkatan efisiensi layanan mahasiswa, terutama melalui penerapan chatbot berbasis Artificial Intelligence (VARA) di Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Kendala yang dihadapi saat ini adalah lamanya waktu respons petugas layanan yang sebagian besar berkisar antara 2 hingga 6 jam, jauh melampaui Standar Layanan Pelanggan (SLA) yakni 1 menit, yang berdampak negatif terhadap kepuasan dan niat keberlanjutan penggunaan layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi niat mahasiswa dalam menggunakan chatbot secara berkelanjutan dengan pendekatan Technology Continuance Theory (TCT). Rumusan masalah utama meliputi pengaruh faktor kualitas informasi, layanan, sistem, confirmation, perceived ease of use, dan perceived usefulness terhadap niat keberlanjutan mahasiswa. Hasil penelitian berpengaruh signifikan Information Quality terhadap Perceived Ease of Use. Dengan ini, kualitas informasi yang diberikan oleh chatbot, semakin mudah mahasiswa merasa menggunakan layanan tersebut. Sebaliknya paling tidak signifikan menunjukkan quality service terhadap Perceived Usefulness. Karena ini menunjukkan, layanan sudah tersedia, mahasiswa tidak menganggapnya berguna, yang artinya pengalaman pengguna terhadap layanan perlu ditinjau ulang dan diperbaiki. Temuan ini memberikan kontribusi dalam memperkaya literatur TCT di konteks pendidikan tinggi serta memberikan panduan praktis dalam meningkatkan keberlanjutan penggunaan layanan digital berbasis AI. Kebaruan dari penelitian ini adalah penerapan integratif TCT yang dikombinasikan dengan faktor organisasi dalam konteks inovasi layanan pendidikan menggunakan chatbot AI, yang secara langsung memberikan kontribusi terhadap pengembangan layanan berkelanjutan yang adaptif terhadap kebutuhan mahasiswa dan perkembangan teknologi.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Creators: Maulidina Nurrohmah, Winda (00000117377)
Contributors:
  1. Prihanto, J. Johny Natu
  2. Utomo, Prio
Keywords: Chatbot, Continuance Intention, Technology Continuance Theory (TCT), Perguruan Tinggi.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
Date Deposited: 05 Dec 2025 08:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/42556

Actions (login required)

View Item View Item