Kajian perlindungan konsumen layanan internet dan TV berbayar di Indonesia

Murtiningsih, Bertha Sri Eko (2015) Kajian perlindungan konsumen layanan internet dan TV berbayar di Indonesia. Laporan Penelitian.

[img] Text
Kajian perlindungan konsumen layanan internet dan TV berbayar.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (12MB)
[img] Text
Kajian perlindungan konsumen layanan internet dan TV berbayar di Indonesia..pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Riset yang dilakukan pada 1.168 pengguna Internet dan TV Berbayar di delapan kota besar di Indonesia ini memberikan gambaran tentang demografis dan psikografis responden, perilaku pengguna internet dan aspek layanan serta kecenderunngan penggunaan TV Berbayar dan Internet di Indonesia. Hasil temuan menunjukkan responden terbanyak menggunakan TV Berbayar didominasi oleh pria, profesi mahasiswa, dengan tingkat pendidikan Sarjana (S1). Responden memilih TV Berbayar dengan alasan utama karena paket sesuai dengan kondisi keuangan. Informasi berlangganan palaing banyak diperoleh melalui iklan di media. Sedangkan program – program yang paling banyak diminati oleh responden adalah program hiburan. Secara umum responden merasa puas dengan adanya TV Berbayar terkait aspek jumlah saluran, kualitas program, dan kualitas gambar. Responden merasa puas dengan kecepatan respon penanganan keluhan, fasilitas layanan, dan jam kerja layanan. Responden tidak pernah mengadukan keluhan ada 90.8% dari populasi, sedangkan yang mengadukan keluhan hanya 9.2%. Alasan responden tidak mengadukan karena responden tidak tahu harus lapor kemana sejumlah 61.4%, sedangkan dengan alasan tidak tahu tentang institusi pengaduan sebanyak 24.4 %. Responden mengadukan keluhan tentang TV Berbayar ke BPKN sebanyak 32 (30.8%), sedangkan responden yang mengadukan keluhan ke YLKI sebanyak 20 (19.2).Responden yang merasa puas dengan layanan instansi/lembaga tersebut sebanyak 74 (68.5%), sedangkan responden yang tidak puas sebanyak 34 (31.5%). Pengguna Internet secara dominan mengakses internet melalui telpon seluler sebanyak (98,7%), sedangkan akses melalui laptop hanya (3.3%). Pemilihan akses internet didominasi oleh karena kecepatan koneksi (50%) dari populasi. Responden umumnya mengakses internet selama 5-7 jam/hari (42.4%). Lifestyle pengguna internet, hampir 90% pengguna internet mengakses internet untuk sarana sosialisasi. Sedangkan aktivitas yang dilakukan oleh responden selama mengakses internet adalah untuk browsing informasi/berita. Sedangkan situs internet yang paling banyak diakses oleh responden adalah facebook sebanyak 845 responden.

Item Type: Article
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Universitas Multimedia Nusantara
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Apr 2018 02:06
Last Modified: 04 May 2023 03:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/4305

Actions (login required)

View Item View Item