Strategi komunikasi internal dalam memperkuat employee engagement (studi kasus deskriptif program hotel novotel Lampung periode Agustus 2014 - 2016)

Tekila, Tekila (2016) Strategi komunikasi internal dalam memperkuat employee engagement (studi kasus deskriptif program hotel novotel Lampung periode Agustus 2014 - 2016). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (953kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (779kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (673kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pentingnya peranan komunikasi internal dalam memperkuat employee engagement. Banyaknya permasalahan dan tekanan yang dialami perusahaan dalam perjalanan bisnisnya, tidak jarang tekanan banyak ditimbulkan oleh faktor internal perusahaan yaitu ketenagakerjaan. Beberapa perusahaan menunjukkan bahwa apabila komunikasi internal yang baik terjadi di dalam sebuah perusahaan, maka employee engagement pun juga semakin tinggi yang diikuti dengan performa dan berkembangnya perusahaan. Begitu pula dengan Hotel Novotel Lampung yang masih dalam tahap memperkuat employee engagement. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: komunikasi organisasi, fungsi komunikasi organisasi, aliran informasi komunikasi organisasi, corporate communication, komunikasi internal, employee relations, dan employee engagement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi internal Hotel Novotel Lampung dalam memperkuat employee engagement. Paradigma yang digunakan adalah post-positivis, dengan pendekatan kualitatifdeskriptif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen serta dikuatkan dengan triangulasi sumber yaitu praktisi yang ahli pada bidang corporate communications. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi internal Hotel Novotel Lampung dalam memperkuat employee engagement Periode Agustus 2014 - 2016 adalah menanamkan values perusahaan dengan mengkomunikasikan secara intens dan konsisten kepada seluruh karyawan. Employee engagement score pada tahun 2016 pun mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu mencapai 14%, namun perusahaan masih belum mengukur perilaku karyawan yang diharapkan dapat sesuai dengan values perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.401 Planning and Strategic Management
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2017 03:09
Last Modified: 13 Nov 2024 02:19
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item View Item