Lazuardi, Alfian (2017) Visualisasi data indeks pembangunan manusia pada setiap provinsi di indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Indonesia merupakan negara besar dengan populasi 249,9 juta jiwa dan memiliki luas wilayah sebesar 1.905.000 km2 dengan beraneka ragam demografi dan luas wilayah yang cukup besar. Dengan kondisi tersebut, pembangunan secara merata merupakan hal yang sangat sulit untuk diwujudkan. Indeks Pembangunan Manusia merupakan tolak ukur yang diperlukan untuk menjadi parameter tingkat kesuksesan pembangunan di Indonesia. Untuk mengetahui perkembangan tingkat Indeks Pembangunan Manusia, diperlukan suatu teknik penerjemahan dan komunikasi terhadap data. Salah satu teknik tersebut adalah visualisasi. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan dibahas visualisasi Indeks Pemabngunan Manusia terhadap provinsi di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, pengumpulan data dan impementasi menggunakan enam teknik visualisasi Chittaro menggunakan Tableau dengan teknik Dashboard. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dari teknik visualisasi yang digunakan dapat disimpulkan Indeks Pembangunan Manusia di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan khususnya pada tingkatan kabupaten kota. Hal ini menunjukkan program pemerintah dalam enam tahun trakhir cukup efektif dalam meningkatkan kualitas pembangunan manusia di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Indeks Pembangunan Manusia, visualisasi, Dashboard, Tableau. |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods 300 Social Sciences > 310 Statistics 600 Technology (Applied Sciences) > 600 Technology > 600 Technology |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 21 Jan 2019 07:53 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 06:47 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/4565 |
Actions (login required)
View Item |