Penggunaan Media Sosial oleh Stasiun Radio dalam Aktivitas Jurnalistik di Era Digital: Studi Kasus terhadap Media Sosial PRFM Bandung

Renardi Saputra, Adrian (2018) Penggunaan Media Sosial oleh Stasiun Radio dalam Aktivitas Jurnalistik di Era Digital: Studi Kasus terhadap Media Sosial PRFM Bandung. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (880kB) | Preview

Abstract

Pada era digital saat ini, stasiun radio telah melakukan pemanfaatan media baru guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang kini dekat dengan media sosial sebagai sumber informasi. Dalam menjalankan aktivitas jurnalistiknya, radio harus mengenal perubahan bentuk dan fungsi berita pada industri media baru terkini. Pelaku radio perlu memahami tren ini dan melakukan suatu adaptasi pada arus informasi media baru agar dapat memasang strategi yang tepat untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial. Dalam hal ini, media konvensional bersama media baru harus saling mendukung agar dapat memberikan akses informasi yang luas dan respons yang lebih interaktif. Kehadiran media sosial nyatanya memberikan manfaat bagi stasiun radio dan masyarakat di tengah arus pencarian (sourcing) dan distribusi (distribution) konten digital di internet. Peneliti mencoba mendalami tren ini dibedah dalam penelitian kualitatif dengan metode studi kasus menurut Robert K. Yin dan analisis konsep The Five Is of Social-Media Storytelling menurut Megan Knight dan Clare Cook. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak seluruh elemen-elemen dalam The Five Is of Social-Media Storytelling dijalankan secara maksimal oleh PRFM dalam menciptakan storytelling melalui media sosial. Hal tersebut disebabkan karena kehadiran media sosial tidak dapat menghilangkan karakteristik asli radio sebagai media yang memiliki kekuatan pada penyampaian informasi melalui suara. Informasi yang sekilas, cepat, dan interaktif menjadi tujuan utama stasiun radio memanfaatkan media sosial. Tujuan ini selaras dengan upaya stasiun radio menjalankan proses digitalisasi dan siaran secara bersamaan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.222 Nonverbal Communication
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 08 Jul 2019 02:56
Last Modified: 03 Jun 2022 02:19
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/4674

Actions (login required)

View Item View Item