Analisis Aktivitas Audiens Berita Sosial dan Politik di Media detik.com

Syarifa, Yovi (2018) Analisis Aktivitas Audiens Berita Sosial dan Politik di Media detik.com. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (930kB) | Preview

Abstract

Kemunculan media online semakin menunjukkan kemajuan dan telah berperan besar dalam memenuhi kebutuhan informasi. Hal ini karena media online memberi banyak kemudahan bagi berbagai aspek kehidupan masyarakat, khususnya sebagai sumber informasi dan sarana komunikasi yang mudah dan cepat. Bahkan media online dianggap telah memberi kontribusi dari tutupnya sejumlah media cetak maupun beralihnya media cetak ke edisi digital. Banyaknya informasi yang disajikan dari beragam media massa, khususnya media online merupakan dampak yang tak dapat dihindarkan. Terlebih lagi, media massa memiliki efek yang tidak hanya mempengaruhi sikap seseorang tetapi juga dapat mempengaruhi perilaku bahkan tataran yang lebih jauh seperti sistem sosial dan budaya masyarakat. Untuk itu, audiens harus lebih selektif dalam memilih dan menggunakan media. Fenomena tersebut menarik peneliti untuk mengetahui aktivitas audiens terhadap berita sosial dan politik di media Detik.com. Berangkat dari teori Uses and Gratifications 2.0, peneliti berusaha menelaah lebih dalam mengenai konsep audiens aktif yang digagas oleh Levy dan Windahl (1984). Di mana terdapat serangkaian aktivitas audiens dalam penggunaan media yang dibentuk melalui dua dimensi, yaitu dimensi orientasi audiens (selektivitas, keterlibatan, dan kegunaan) dan temporal (sebelum, selama, dan sesudah eksposur). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data Focus Group Discussion (FGD), partisipan terdiri dari enam orang (pria dan wanita) berusia 21- 23 tahun. Mengacu pada konsep tipologi aktivitas audiens, terdapat serangkaian aktivitas audiens yang beragam dalam memilih berita sosial dan politik di media Detik.com. Di mana audiens tidak selalu terarah pada tujuan awal ketika hendak menggunakan media guna memenuhi motif sosial atau psikologinya. Kepuasan audiens dalam mencari dan menggunakan berita sosial dan politik tidak hanya dipengaruhi oleh diri sendiri, tetapi juga dipengaruhi oleh teknologi yang ada. Dengan demikian, aktivitas audiens dalam memilih dan menggunakan berita sosial dan politik sangat beragam. Sehingga tidak semua audiens aktif dalam derajat yang sama dalam proses komunikasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Aug 2019 02:16
Last Modified: 19 May 2022 08:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/4687

Actions (login required)

View Item View Item