Chandra, Ferina (2017) Analisis pengaruh social influence, facilitating conditions, dan faktor-faktor penggerak attitude toward using mobile shopping services dan implikasinya terhadap purchase intention; telaah pada pengguna aplikasi lyke. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Sejalan dengan meningkatnya teknologi dan pengguna internet, secara tidak langsung membuat penyebaran informasi di seluruh dunia dapat diakses dengan mudah dan cepat. Media yang sangat berpengaruh dalam penyebaran informasi secara cepat adalah perangkat mobile. Hal ini menjadikan para pelaku bisnis melihat peluang dalam sektor mobile commerce. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan platform smartphone sebagai media untuk belanja online adalah LYKE. Adapun alasan LYKE membuat aplikasi belanja online agar masyarakat dapat berbelanja produk fashion dan beauty dengan mudah dan nyaman, serta dengan berbagai pilihan toko yang beragam hanya dengan satu aplikasi. Dalam penelitian ini, LYKE berhasil mencapai satu juta pengunduh dalam waktu empat bulan setelah dirilis, namun hanya memiliki 50.000 pengguna aktif. Oleh karena itu, penelitian ini akan membahas faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi purchase intention pada aplikasi LYKE, yang mencakup utilitarian performance expectancy, hedonic performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, dan attitude toward using mobile shopping services. Model teoritis dalam penelitian ini disampaikan dengan 8 hipotesis yang akan diuji menggunakan Structural Equation Model. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 140 responden, pria dan wanita yang berusia 17-36 tahun yang pernah mengunduh dan mengoperasikan aplikasi LYKE, belum pernah melakukan pembelian produk fashion di aplikasi LYKE, memiliki orang di sekitar yang pernah membeli produk fashion di aplikasi LYKE dan merekomendasikan aplikasi LYKE, serta memiliki anggaran belanja produk fashion minimal Rp 100.000 dalam 1 bulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa utilitarian performance expectancy dan hedonic performance expectancy memiliki pengaruh positif terhadap purchase intention melalui attitude toward using mobile shopping services. Ditemukan juga effort expectancy berpengaruh positif terhadap purchase intention melalui utilitarian performance expectancy, hedonic performance expectancy, dan attitude toward using mobile shopping services. Namun, tidak ditemukan pengaruh pada social influence dan facilitating conditions terhadap purchase intention.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.81 Sales Management |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 30 Jan 2019 09:34 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 07:48 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/4749 |
Actions (login required)
View Item |