analisis pengaruh pre-purchase services dan transaction-related services terhadap navigation experience dan attitude toward website serta implikasinya pada purchase intention: telaah pada pengunjung website tinkerlust

Triani, Mirza Havida (2017) analisis pengaruh pre-purchase services dan transaction-related services terhadap navigation experience dan attitude toward website serta implikasinya pada purchase intention: telaah pada pengunjung website tinkerlust. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
SKRIPSI_Mirza Havida Triani_13130110123.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (46MB)

Abstract

Perkembangan internet di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini menyebabkan segala sesuatu menjadi lebih praktis, salah satunya kegiatan berbelanja yang dapat dilakukan secara online. Produk fashion merupakan salah satu produk yang paling sering diberi secara online dan dianggap sebagai sesuatu yang sangat penting khususnya bagi kaum wanita. Keinginan untuk selalu tampil menarik saat ini mendorong masyarakat memiliki gaya hidup yang konsumtif terhadap produk fashion, sehingga banyak dari produk fashion tersebut yang tidak digunakan secara maksimal. Tinkerlust sebagai sebuah fashion e-marketplace dengan sistem kurasi, menjadi sarana jual beli bagi para pecinta produk fashion yang ingin menjual preloved fashion item. Permasalahan dalam penelitian ini diajukan untuk mengetahui purchase intention pengunjung website Tinkerlust berdasarkan pengaruh dari pre-purchase services dan transactionrelated services terhadap navigation experience dan attitude toward website. Penelitian ini menggunakan desain riset deskriptif dengan metode non-probability sampling dengan teknik judgemental sampling. Data diperoleh menggunakan kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 216 orang yang merupakan pengunjung website Tinkerlust dengan kriteria berjenis kelamin wanita yang pernah berbelanja secara online, berusia 18 hingga 47 tahun, memiliki akun pada website Tinkerlust, tetapi belum pernah melakukan transaksi, dan mengeluarkan dana senilai Rp 300.000 atau lebih untuk berbelanja fashion setiap bulannya. Model teoritis dalam penelitian ini disampaikan dengan 6 hipotesis yang akan diuji menggunakan Structural Equation Model. Hasil analisis menunjukkan bahwa pre-purchase services dan transaction-related services mempengaruhi navigation experience dan attitude toward website. Namun, pre-purchase services dan transaction-related services tidak mempengaruhi attitude toward website secara langsung.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.6 Internet, Cloud Computing, Website, LAN, Email
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.4 System Programming, Operating System, Computer Interface
Divisions: Faculty of Business > Management
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 22 Feb 2019 03:27
Last Modified: 01 Dec 2022 03:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/4768

Actions (login required)

View Item View Item