Sitanala, Sonni (2017) analisis pengaruh subjective norm, need for status, bargain hunting, product risk, financial risk, dan perceived value terhadap purchase intention pada tas pre-loved telaah pada calon konsumen tinkerlust. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Di masa sekarang,ada peningkatan industri jual-beli barang pre-loved dikarenakan industri pre-loved mulai bergeser memasuki ranah fashion dan merambah kelas menengah-atas. Hal ini dimanfaatkan oleh Tinkerlust. Tinkerlust merupakan marketplace yang menjual barang–barang fashion pre-loved atau preloved. Namun dengan berkembangnya indsutri fashion second-hand, masih jarang yang mengetahui faktor apa yang mempengaruhi seseorang membeli barang second-hand.Penelitian ini diajukan untuk mengetahui apakah Subjective Norm, need For Status, Bargain Hunting, Product Risk, Financial Risk, dan Perceived Value berpengaruh terhadap Purchase Intention pada tas pre-loved calon konsumen Tinkerlust. Model teoritis dalam penelitian ini disampaikan dengan enam hipotesis yang akan diuji menggunakan Structural Equation Model. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 200 responden, dengan screening berupa perempuan yang berusia 22-46 tahun yang telah berpenghasilan baik bekerja maupun memiliki usaha, mengetahui situs Tinkerlust, pernah mengunjungi situs Tinkerlust tetapi belum pernah membeli barang di Tinkerlust, dan pernah berbelanja tas pre-loved, serta orang disekitarnya pernah membeli barang fashionpre-loved, dan berdomisili di wilayah Jabodetabek. Hasil analisis menunjukan bahwa Need For Status dan Perceived Value berpengaruh positif Terhadap Purchase Intention tas pre-loved. Selain itu, product risk juga berpengaruh negatif Terhadap purchase intention pada tas second-hand. Namun ditemukan juga bahwa, Subjective norm, Bargain Hunting dan Financial Risk tidak berpengaruh Terhadap Purchase Intention tas pre-loved. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari keenam hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, tidak semua hipotesis sesuai dengan hasil temuan penelitian sebelumnya. Sehingga berdasarkan kesimpulan tersebut, maka dapat disarankan bahwa Tinkerlust dapat lebih mengembangkan Need For Status, Product Risk dan Perceived Value untuk dapat meningkatkan Purchase Intention tas preloved. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai faktor yang mempengaruhi orang untuk membeli barang pre-loved. Batasan dari penelitian ini adalah peneliti hanya dapat menjangkau wilayah Jabodetabek, sementara akan lebih bagus jika dapat menjangkau area yang lebih luas mengingat pembelian barang di Tinkerlust dilakukan secara online.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 31 Jan 2019 09:03 |
Last Modified: | 25 Nov 2022 08:48 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/4779 |
Actions (login required)
View Item |