Jonathan, Jordy (2017) Pengembangan Plug-In Moodle Untuk Prediksi Pemakaian Resource Moodle E-Learning Umn Menggunakan Metode H-Wema. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Moodle (framework LMS yang dimplementasikan pada e-learning Universitas Multimedia) tidak memiliki fitur untuk memonitor resource Moodle. Salah satu teknik/metode yang diteliti untuk melakukan prediksi pemakaian resource Moodle adalah metode H-WEMA. Pada penelitian sebelumnya, H-WEMA terbukti menghasilkan hasil prediksi yang lebih akurat dalam memprediksi data runtun waktu dibandingkan menggunakan metode WMA dan H-DES. Algoritma MSE dan MAPE digunakan sebagai algoritma penghitung tingkat error serta keakuratan hasil prediksi pemakaian resource Moodle e-learning UMN. Dalam penelitian ini, prediksi pemakaian resource Moodle e-learning UMN menggunakan metode H-WEMA telah berhasil diimplementasikan dalam plug-in Moodle. Hasil prediksi pemakaian resource Moodle e-learning UMN menggunakan metode H-WEMA dengan menggunakan data bulanan per September 2015 sampai Juni 2016 menunjukkan nilai MSE sebesar 32.626.869,85, dan nilai MAPE sebesar 72,05%. Selain itu, nilai periode WMA, nilai alpha, nilai beta, ada tidaknya data kosong beruntun, jenis periode yang digunakan (harian, bulanan, atau tahunan), juga mempengaruhi akurasi hasil prediksi pemakaian resource Moodle e-learning UMN. Namun, jumlah data yang digunakan tidak mempengaruhi akurasi hasil prediksi pemakaian resource Moodle e-learning UMN.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | LMS, Moodle, H-WEMA, WMA, H-DES. |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++ |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Jan 2019 02:03 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 00:45 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/4832 |
Actions (login required)
View Item |