Perbandingan Algoritma Mtd-F Dan Negamax Sebagai Kecerdasan Buatan Pada Permainan Captain’s Mistress

Purnomo, Timotius Adiprakoso (2017) Perbandingan Algoritma Mtd-F Dan Negamax Sebagai Kecerdasan Buatan Pada Permainan Captain’s Mistress. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Permainan Captain’s Mistress sangat populer di beberapa negara, seperti Amerika, Canada, Cina, Rusia, dan Australia. Karena cukup populer, negaranegara tersebut cukup rutin untuk mengadakan turnamen tingkat nasional dan internasional. Di Indonesia permainan ini belum begitu populer. Berdasarkan statistik dari Google Play Rank, Indonesia menempati urutan ke-25 dalam tingkat kepopuleran permainan ini. Salah satu cara untuk mempopulerkan permainan Captain’s Mistress kepada masyarakat Indonesia adalah dengan membuat aplikasi permainan Captain’s Mistress berbasis Android beserta kecerdasan buatannya. Algoritma Negamax dan MTD-f adalah algoritma yang dapat diimplementasikan ke permainan Captain’s Mistress sebagai kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan dalam permainan Captain’s Mistress dapat menjadi lawan bermain, sehingga seseorang dapat memainkan permainan Captain’s Mistress tanpa harus dengan orang lain. Selain itu algoritma Negamax dan MTD-f dapat dibandingkan waktu eksekusinya agar dapat diketahui algoritma manakah yang lebih cepat dalam proses eksekusinya. Alasan utama menggunakan algoritma Negamax dan MTD-f untuk uji perbandingan adalah karena kedua algoritma tersebut adalah hasil pengembangan dari algoritma Minimax. Hasil uji perbandingan membuktikan bahwa algoritma MTD-f lebih cepat dibandingkan algoritma Negamax. Hal tersebut juga membuktikan bahwa kedua algoritma berhasil diimplementasikan untuk permainan Captain’s Mistress.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Captain’s Mistress, Negamax, MTD-f, algoritma, permainan, kecerdasan buatan, implementasi, perbandingan
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.3 Artificial Intelligence, Machine Learning, Pattern Recognition, Data Mining
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Jan 2019 02:21
Last Modified: 11 Jan 2023 01:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/4854

Actions (login required)

View Item View Item