studi pengadopsian kerangka kerja cobit 5.0 pada institusi pendidikan di indonesia

Darmawan, Dyrn Zefanya (2017) studi pengadopsian kerangka kerja cobit 5.0 pada institusi pendidikan di indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
bab i.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab ii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab iii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (957kB) | Preview
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
halaman awla.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis dan mengidentifikasi kesesuaian proses COBIT 5.0 terhadap institusi pendidikan di Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan bersifat kualitatif dimana wawancara terhadap expert & observasi dilakukan. Selain itu, expert juga berpartisipasi dalam melakukan pemetaan dari visi misi institusi pendidikan ke dalam enterprise goals. Analisis juga dilakukan baik dalam melakukan pemetaan, hubungan antar kerangka kerja maupun langkah nyata yang dapat diaplikasikan di dalam lingkungan institusi pendidikan berdasarkan rekomendasi dari beberapa penelitian dalam melakukan pengukuran tingkat kapabilitas. Dari identifikasi yang telah dilakukan, terdapat 12 proses COBIT 5.0 yang paling sesuai bagi institusi pendidikan yaitu APO 01 (Manage the IT Management Framework), APO 07 (Manage Human Resource), EDM 02 (Ensure Benefits Delivery), APO 04 (Manage Innovation), EDM 01 (Ensure Governance Framework Setting and Maintenance), EDM 04 (Ensure Resource Optimization), APO 02 (Manage Strategy), APO 03 (Manage Enterprise Architecture), APO 05 (Manage Portfolio), APO 08 (Manage Relationships), APO 11 (Manage Quality), BAI 01 (Manage Programmes and Projects). Proses yang di dapat, secara umum lebih berfokus pada perencanaan & fokus utama dari institusi pendidikan ialah pengembangan terhadap stakeholdernya. Hubungan antar kerangka kerja seperti ISO / IEC 38500, 31000, 27000, 20000, CMMI, TOGAF, ITIL V3 2011, hingga standar BAN-PT memiliki hubungan yang dapat saling mendukung pengembangan institusi pendidikan baik dalam pencapaian kewajiban maupun target institusi pendidikan itu sendiri. Maka dari itu, diperlukan adanya suatu tata kelola yang spesifik bagi institusi pendidikan agar pengembangan nilai (value) stakeholder hingga pencapaian kewajiban (tri dharma) dapat memperoleh hasil yang optimal. Namun berdasarkan hasil identifikasi dan analisis yang telah dilakukan, kerangka kerja (framework) COBIT 5.0 dapat dikatakan sedikit mendukung institusi pendidikan karena dari 37 proses hanya didapatkan 12 proses namun bukan berarti tidak cocok. Selain itu, domain DSS dan MEA juga tidak satupun muncul dalam hasil identifikasi dimana domain ini berfungsi untuk melakukan penyampaian manfaat yang telah direncanakan dan dibangun hingga pengawasan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works
300 Social Sciences > 370 Education > 378 Tertiary Education, Higher Education, University
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Jan 2019 08:09
Last Modified: 15 Nov 2022 07:59
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/4879

Actions (login required)

View Item View Item