Coa, Vincent Valiant (2017) analisis faktor yang memengaruhi minat penggunaan snapchat dan instagram stories dengan technology acceptance model. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Fitur ephemeral messaging atau pos yang terhapus secara otomatis semakin digemari masyarakat khususnya kalangan muda. Snapchat dan Instagram menjadi dua jejaring sosial yang terbilang sukses setelah mengadopsi fitur tersebut. Penelitian ini mencoba mengangkat tren teknologi baru dan menarik tersebut dengan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat penggunaan Snapchat dan Instagram stories di kalangan generasi muda, khususnya generasi Z. Metode yang dipakai penelitian ini adalah analisis SEM (Structural Equation Modeling) dengan empat variabel utama dari kerangka dasar TAM (Technology Acceptance Model) serta perceived enjoyment, dan social presence. Dari 6 hipotesis yang diajukan, hasil analisis menunjukkan 4 hipotesis diterima dan 2 hipotesis ditolak pada Snapchat. Sedangkan 5 hipotesis diterima dan 1 hipotesis ditolak pada Instagram Stories Dapat disimpulkan bahwa Social Presence menjadi variabel eksogen yang memiliki peran besar memengaruhi variabel lain. Faktor Perceived Enjoyment menjadi yang berpengaruh paling besar terhadap minat penggunaan Snapchat dan Instagram Stories.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Jan 2019 08:49 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 04:40 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/4907 |
Actions (login required)
View Item |