Pemanfaatan Media Digital Untuk Listener Engagement Oleh Media Konvensional: Studi Kasus Media Sosial Youtube Oleh Radio Prambors

Basuki, Faizal Arasi (2018) Pemanfaatan Media Digital Untuk Listener Engagement Oleh Media Konvensional: Studi Kasus Media Sosial Youtube Oleh Radio Prambors. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (65MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (809kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Dengan tingginya pengguna media sosial di Indonesia saat ini menjadikan masyarakat lebih aktif dalam mengkonsumsi berita atau informasi melalui platform tersebut. Saat ini YouTube menempati posisi tertinggi dalam media sosial yang paling sering diakses oleh masyarakat. Kehadiran YouTube sebagai media sosial yang berbasis audiovisual mengancam kehadiran radio sebagai media konvensional yang mengandalkan kekuatan audio. Sebagai radio yang telah menemani anak muda selama 46 tahun, Prambors FM memilih untuk memanfaatkan YouTube guna bertahan di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Prambors FM memanfaatkan media sosial YouTube. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan konsep Engaged Journalism yang kemudian hasilnya akan dijelaskan secara deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan diketahui bahwa Prambors FM memanfaatkan YouTube sebagai salah satu alat mereka untuk mengakomodir para audiensnya yang juga menggunakan media sosial. Dengan menggunakan YouTube sebagai perantaranya, maka Prambors FM dapat semakin mendekatkan dirinya dengan audiens serta semakin menanamkan brand image dari Prambors FM itu sendiri.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Media sosial, Radio, Engagement, YouTube, Engaged Journalism, Prambors FM
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 25 Feb 2019 04:37
Last Modified: 12 Apr 2023 05:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5119

Actions (login required)

View Item View Item