Barnez, Fathia (2018) Analisis penerapan immersive journalism melalui teknologi augmented reality di cnn tv indonesia (studi kasus: penerapan ar dalam perspektif model difusi inovasi everett m. Roger’s pada produksi program feature di outdoor production). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perkembangan teknologi di dunia jurnalistik khususnya televisi selalu berkembang dari masa ke masa. Hal ini membuat sejumlah media televisi di Indonesia terus menciptakan dan mengembangkan Inovasi. Media televisi CNN Indonesia merupakan salah satu media berbasis audiovisual yang belakangan pada tahun 2015 menerapkan teknologi immersive for Journalism, dengan menggunakan Augmented Reality (AR). Teknologi ini mereka kembangakan guna menambah kualitas konten berita atau feature khususnya pada program talkshow dan sejumlah program spesial. Mengarungi tiga tahun lamanya, CNN TV Indonesia sudah mendapat sejumlah penghargaan atas penerapan teknologi AR dalam konten yang saat itu penerapan AR berlokasi di ruang studio bagan dalam. Peneliti juga menemukan beberapa jurnal penelitian serta penelitian terdahulu yang sudah membahas bagaimana pemanfaatan AR di dalam studio tersebut. Maka, penelitian ini lebih membahas studi kasus penerapan AR pada program feature dan dari segi prokdusi di luar ruang studio. Kemudian dikaitkan dengan empat elemen dan lima tahap Difusi Inovasi oleh Everett M. Rogers. Bagaimana pun, konsep televisi yang memanfaatkan teknologi immersive tetap memiliki fungsi dan tujuan informasi yang harus sampai kepada masyarakat. Tentunya hal ini menjadi bentuk komunikasi media massa yang menjadi konsep dasar dalam dunia jurnalistik.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Immersive Journalism, Augmented Reality (AR), Teori Difusi Inovasi, ProgramFeature, Outdoor Production. |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 25 Feb 2019 08:05 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 07:20 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5120 |
Actions (login required)
View Item |