Helianthusonfri, Jefferly (2018) Proses Pembuatan Media Daring Kanala.Id Naskah Akademik Skripsi Berbasis Karya. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penulis mengajukan skripsi berbasis karya yang berupa pembuatan media daring. Tema media daring yang penulis ajukan adalah keuangan pribadi dan bisnis. Media tersebut bernama Kanala.id. Segmen audiens Kanala.id adalah generasi milenial (Y) dan generasi Z yang memiliki ketertarikan pada bidang keuangan pribadi dan bisnis. Manfaat media daring ini bagi masyarakat adalah media ini dapat menjadi salah satu sarana edukasi tentang literasi keuangan. Literasi keuangan diperlukan agar masyarakat Indonesia semakin melek keuangan. Survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2016 menunjukkan bahwa indeks literasi keuangan nasional di Indonesia masih pada angka 29,66%. Selain itu, adanya ketimpangan yang jauh antara satu provinsi dengan provinsi lain, khususnya antara bagian barat Indonesia dengan bagian timur Indonesia. Selain itu, edukasi keuangan juga merupakan salah satu pilar Strategi Nasional Keuangan Inklusif yang tercantum dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2016. Dalam mengembangkan prototipe media daring, penulis menggunakan metodologi Running Lean yang diperkenalkan oleh Ash Maurya. Metodologi ini akan menjadi dasar dari semua proses pengembangan produk media daring yang penulis ajukan. Target luaran dari karya ini berupa prototipe media daring. Kanala.id memiliki enam kanal, dengan tiap kanal berisi setidaknya dua artikel multimedia. Enam kanal tersebut terdiri dari bisnis, investasi, digital marketing, tips dan trik, tokoh, dan visual dan infografik. Dampak yang diharapkan dari karya ini adalah prototipe yang sudah dibuat dapat berkembang menjadi sebuah bisnis media yang berhasil. Selain itu, diharapkan Kanala.id dapat memberikan dampak positif bagi masyarkat. Salah satu dampak positifnya adalah meningkatkan literasi keuangan di kalangan milenial dan generasi Z Indonesia.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | media daring, Kanala.id, digital marketing, bisnis, investasi, generasi milenial, generasi Z, finansial, running lean, Ash Maurya |
Subjects: | 300 Social Sciences 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 25 Feb 2019 08:50 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 06:29 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5129 |
Actions (login required)
View Item |