Hardika, Muhamad Farid (2018) Proses Pembuatan Interactive Story-Telling Visual Novel Newsgame: Jakarta Trip (Kajian Kemacetan Jakarta). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Kemacetan bisa dibilang salah satu masalah serius yang menimpa kota-kota besar di dunia termasuk di Indonesia, DKI Jakarta bukan pengecualian. Penulisan Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan situasi kemacetan di Jakarta kepada khalayak dan menghadirkan solusi bagi pemerintah mengenai kemacetan. Medium yang dipilih adalah newsgame. Penulis tertarik mengerjakan final project bertema newsgame kemacetan karena sepengetahuan penulis belum ada game Interactive Story-telling bertipe Visual Novel yang mengangkat informasi tentang kemacetan. Latar belakang penulisan didorong oleh kemacetan di Jakarta yang kian hari, semakin parah. Game ini menjelaskan penyebab kemacetan baik secara umum (berdasarkan fakta yang terungkap) maupun hal yang khusus (hal yang tidak terungkap atau di luar kesadaran warga Jakarta). Pembuatan game ini akan menggunakan engine Ren’py. Dalam game ini terdapat tujuh skenario yang akan dilalui pemain untuk mengetahui cerita dan permasalahan yang diangkat dalam game (kemacetan). Pemain akan disuguhkan pilihan yang harus dijawab untuk melanjutkan ke setiap skenario. Pilihan tersebut juga akan mempengaruhi jalan cerita dan juga akhir dari cerita pada game ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Traffic, Newsgame Traffic, Newsgame |
Subjects: | 300 Social Sciences 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2019 03:06 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 06:25 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5137 |
Actions (login required)
View Item |