Implementasi Model Bisnis Media Dalam Bertransformasi Digital: Studi Kasus Transformasi Digital Majalah Hai Menjadi Media Online

Wijanarko, Petrus Tomy (2018) Implementasi Model Bisnis Media Dalam Bertransformasi Digital: Studi Kasus Transformasi Digital Majalah Hai Menjadi Media Online. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Era digital yang menyelimuti dunia jurnalistik belakangan ini, membuat pamor koran atau majalah seakan tergusur dengan kepopuleran media online. Para pembaca kini perlahan meninggalkan format cetak, dan lebih memilih menggunakan gawainya masing-masing sebagai sumber mendapatkan informasi. Alhasil, pendapatan iklan dan oplah yang diraih industri media cetak terus mengalami penurunan setiap tahunnya. Menghadapi fenomena tersebut, banyak industri media cetak yang mulai mencari cara lain agar tetap bisa bertahan hidup. HAI, yang terkenal sebagai majalah remaja pria, akhirnya memutuskan untuk melakukan transformasi digital pada Juni 2017. Mereka secara resmi menutup versi majalahnya, dan berfokus menyapa para pembacanya hanya lewat media online. Namun, transformasi digital tak hanya soal memanfaatkan teknologi saja. Penerapan transformasi digital juga akan disertai dengan terciptanya sebuah model bisnis baru. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk menggambarkan transformasi digital yang diterapkan oleh HAI. Selain itu, penelitian ini juga ditujukan guna menggambarkan model bisnis HAI pasca transformasi digital. Demi menjawab dua rumusan masalah tersebut, penelitian ini menggunakan beberapa konsep, yaitu transformasi digital dan model bisnis. Hasil dari penelitian ini menemukan, bahwa dalam menjalankan transformasi digital, HAI melakukan beberapa perubahan pada struktur maupun sistem kerja redaksionalnya. Sementara pada model bisnisnya, HAI kini mengandalkan website, media sosial, dan para content aggregator sebagai medium distribusi serta pemasaran. HAI juga mengedepankan konten yang disesuaikan dengan ketertarikan khalayaknya. Pemasukan HAI pun kini datang dari beberapa sumber, seperti, iklan, penyelenggaraan HAI Day, serta hasil kerjasama dengan para content aggregator.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: era digital, transformasi digital, model bisnis, HAI.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 050 Magazines, Journals and Serials
000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 26 Feb 2019 03:31
Last Modified: 17 Apr 2023 02:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5144

Actions (login required)

View Item View Item