Handhayani, Pryastuti (2018) Media Sosial Dalam Proses Gatekeeping Di Republika Online. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Media massa pada saat kini penuh dengan nilai, kepentingan, dan ideologi yang diperjuangkan melalui bentuk pemberitaan. Informasi yang sudah disebarkan merupakan hasil seleksi dari pemilahan berita yang dilakukan berdasarkan kebijakan yang telah disepakati serta beberapa hal yang mempengaruhi isi media. Pemilahan berita ini disebut dengan gatekeeping. Seluruh informasi fakta yang ditemukan di lapangan akan melewati proses gatekeeping dalam tahapan hingga menjadi sebuah berita yang layak. Dalam hal ini tampak dalam proses produksi berita yang sumber informasinya berasal dari media sosial di Republika Online. Penelitian ini menggunakan studi kasus pada gatekeeper Republika Online terkait sumber informasi yang berasal dari media sosial. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Gatekeeping Theory, terlihat bagaimana gatekeeper atau redaktur menyeleksi, memilah, serta penyerapan informasi yang akan ditayangkan juga pengendalian keputusan segala informasi serta dengan konsep hierarchy of influence yang memiliki relevansi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara sebanyak tiga narasumber dibantu dengan hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses gatekeeping terhadap sumber informasi yang berasal dari media sosial terjadi di setiap saluran media, karena adanya faktor latar belakang dan kebiasaan yang dilakukan di Republika Online. Dengan banyak tahapan mulai dari proses gatekeeping pra produksi, produksi, dan pasca produksi yang dipengaruhi oleh dua level hierarchy of influence terdiri dari level individual, dan level rutinitas media.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | gatekeeping, hierarchy of influence, Republika, media online, media sosial |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media 400 Language > 410 Linguistics |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2019 03:33 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 06:10 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5147 |
Actions (login required)
View Item |