Indeks Kredibilitas Media Online: Studi Deskriptif Kredibilitas Media Online Di Jakarta Di Mata Generasi Millennial

Catherine, Yessica (2018) Indeks Kredibilitas Media Online: Studi Deskriptif Kredibilitas Media Online Di Jakarta Di Mata Generasi Millennial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (833kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (894kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Media online menjadi salah satu media yang digunakan untuk memperoleh informasi. Dengan munculnya media online mempermudah setiap orang untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan, Namun, saat ini media menjadi kurang dipercaya oleh masyarakat. Hal ini terjadi karena beredarnya isu hoax dikalangan masyarakat Kurangnya kredibilitas pemberitaan di media online terjadi karena masyarakat saat ini membutuhkan kecepatan dalam pemberitaan sehingga jurnalis online berasumsi bahwa kecepatan berita merupakan hal yang penting dalam pemberitaan di media online. Kredibilitas media dalam sebuah berita dinilai sangat penting karena kredibilitas dapat dilihat sebagai poin utama agar masyarakat dapat mempercayai sebuah media. Seperti dalam teori Hovland, Janis & Kelly yang digunakan dalam penelitian ini, dikatakan bahwa penerima pesan atau informasi lebih mungkin untuk diyakinkan ketika sumber yang digunakan adalah sumber yang kredibel. Maka, kredibilitas merupakan faktor yang sangat penting agar masyarakat dapat mempercayai media tersebut. Melalui penelitian ini, masyarakat generasi millennial sebagai audiens menilai faktor apa saja yang menentukan tinggi atau rendahnya kredibilitas enam media populer di Indonesia menurut data dari Alexa.com, yaitu Tribunnews.com, Detik.com, Liputan6.com, Kumparan.com, Suara.com, dan Tirto.id. Penilaian akan dilakukan dengan menggunakan lima dimensi multidimensional kredibilitas media dari Flanagin & Metzger yaitu believability, accuracy, trustworthiness, bias, dan completeness. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis kuantitatif dan bersifat deskriptif. Pengumpulan data penilaian generasi millennial tersebut dilakukan dengan menggunakan teknik survei kepada 400 orang responden. Hasil dari penelitian ini adalah dimensi completeness dan trustworthiness merupakan faktorfaktor penting dalam menentukan kredibilitas media dan secara keseluruhan jika dilihat dari kelima dimensi, Detik.com merupakan media yang paling kredibel.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: kredibilitas, media online, dan generasi millennial.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 27 Feb 2019 07:52
Last Modified: 21 Sep 2022 01:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5168

Actions (login required)

View Item View Item