Wacana Reklamasi Teluk Benoa dalam Pemberitaan Pembangunan Pariwisata di Bali pada Sindo News Online

Subagyo, Enggar (2017) Wacana Reklamasi Teluk Benoa dalam Pemberitaan Pembangunan Pariwisata di Bali pada Sindo News Online. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (916kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (900kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (990kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Reklamasi di Teluk Benoa Bali menjadi isu hangat, pro dan kontra yang timbul menjadi topik yang patut diperbincangkan karena berbagai pertimbangan. Pihak pro dan kontra terhadap reklamasi Teluk Benoa menjadi feomena sosial di masyarakat. Kekuasaan yang menguasai media berdampak pada bagaimana khalayak berkembang dengan media yang dibangunnya. Di dalam Website Sindo News Online apakah didalamnya memiliki tujuan mendukung pemerintah atau sebaliknya terkait wacana reklamasi Teluk Benoa. Penelitian ini menggunakan metode studi analisis wacana kritis Norman Fairclough dengan paradigma kritis. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode yaitu, teks, proses produksi teks (Meso), dan Sosiokultural (Makro). Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa delapan teks berita langsung dalam wacana reklamasi Teluk Benoa dalam pemberitaan pembangunan pariwisata di Bali pada Sindo News Online menonjolkan sikap pro dan mendukung. Level Mikro, konstruksi realitas tentang wacana reklamasi Teluk Benoa di Sindo News Online, terlihat dari aspek representasi, masih adanya kaum yang termajinalkan yaitu masyarakat lokal Bali yang dimana dalam teks berita secara keseluruhan telah mengintimidasi dengan tidak memberikan ruang pendapatnya dalam menyampaikan aspirasinya terhadap penolakan reklamasi Teluk Benoa di Bali. Level Meso, praktik wacana reklamasi Teluk Benoa dalam pemberitaan pembangunan pariwisata di Bali pada Sindo News Online dipengaruhi oleh faktorfaktor, misalnya: pendidikan atau nilai jurnalis, budaya jurnalistik, dan gaya kepemimpinan. Semua faktor itu sangat mempengaruhi isi dari berita yang akhirnya memunculkan berita tentang wacana reklamasi Teluk Benoa, dengan adanya gaya kepemimpinan yang otoriter. Akibatnya terjadi ketimpangan atau tidak berimbang artikel beritanya karena lebih memihak pihak yang pro terhadap reklamasi Teluk Benoa yaitu pecalang, pemerintah, ketimbang mendengarkan suara dari rakyat Bali. Level Makro, konteks sosiokultural terbentuknya wacana reklamasi Teluk Benoa dalam pemberitaan pembangunan pariwisata di Bali pada Sindo News Onine. Meliputi muncul akibat adanya pemahaman pihak redaksi bahwa jika tidak direklamasi akan berpotensi munculnya masalah-masalah baru di masyarakat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Metode Analisis Wacana Kritis, Teks, Discourse Practice, Sociocultural Practice
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
300 Social Sciences
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 27 Feb 2019 08:23
Last Modified: 21 Nov 2024 02:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5193

Actions (login required)

View Item View Item