Konstruksi Pemberitaan Debat Televisi Pemilukada DKI Jakarta Putaran Kedua Tentang Isu Reklamasi Pada Media Daring Sindonews.com Dan Tirto.id

Nathaniel, Felix (2017) Konstruksi Pemberitaan Debat Televisi Pemilukada DKI Jakarta Putaran Kedua Tentang Isu Reklamasi Pada Media Daring Sindonews.com Dan Tirto.id. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (925kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (938kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (892kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas pemberitaan debat televisi pemilukada DKI Jakarta 2017 terkait isu reklamasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pemberitaan debat televise yang telah mempengaruhi publik dalam menentukan suara pemilih di Pemilukada DKI Jakarta 2017. Pemberitaan debat televisi terkait isu reklamasi akan menjadi isu panas yang menentukan pilihan masyarakat pada Pemiluka DKI Jakarta 2017. Melalui penelitian ini, penulis ingin menjawab bagaimana suatu debat dalam pemberitaan dikonstruksi dan dibingkai sedemikian rupa oleh media untuk maksud tertentu. Penelitian ini bertujuan mengetahui bingkai yang hendak disampaikan oleh Tirto.id dan Sindonews.com terkait kasus pemberitaan debat televisi dalam isu reklamasi. Tirto.id masih merupakan media baru yang mengedepankan liputannya berbasis data. Sedangkan Sindonews.com dimiliki oleh Hary Tanoesoedibjo yang juga berafiliasi dengan salah Anies-Sandi dalam pilkada 2017 lalu. Untuk menjawab penelitian ini, peneliti melakukan penelitian kualitatif dengan sifat deskriptif yang memakai metodologi framing model Robert N. Entman. Model ini mengkaji framing dengan define problems, diagnose causes, make moral judgement, dan treatment recommendation. Melalui penelitian ini, penulis menemukan Sindonews.com dan Tirto.id memiliki sudut pandang berbeda dalam membingkai pemberitaan debat pemilukada Jakarta 2017 putaran kedua terkait isu reklamasi. Tirto.id cenderung lebih netral karena mencoba menyampaikan pandangan dari kedua pihak yang berdebat. Namun, Tirto menonjolkan Anies dengan keputusannya yang menolak reklamasi dalam bingkai utamanya. Anies yang selama ini seringkali dikabarkan menolak reklamasi, dibingkai oleh Tirto bahwa dirinya tidak tegas dalam menyelesaikan kasus reklamasi. Sedangkan Sindonews.com berusaha melakukan pembingkaian utama berupa Ahok yang tidak berpihak pada nelayan pada berita-beritanya. Pembangunan reklamasi menurut Sindonews.com merugikan nelayan dan lingkungan. Namun, Ahok tetap terus menjalankan pembangunan tersebut tanpa mempedulikan nasib orang-orang yang hidup di sekitar daerah reklamasi Teluk Jakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: framing, konstruksi media, debat televisi, reklamasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
300 Social Sciences
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 27 Feb 2019 08:27
Last Modified: 06 Apr 2023 05:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5195

Actions (login required)

View Item View Item