Suryawaty, Jesica (2017) Konstruksi Pemberitaan Program Kampanye Anies-Sandi : Analisis Framing Berita "Tawarkan Rumah Tanpa Dp" Pada Media Online Detik.Com Dan Republika.Co.Id. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Sebagai Cagub-Cawagub urut-3 DKI Jakarta 2017, Anies-Sandi menyediakan berbagai program kampanye. Salah satunya mereka menawarkan program kepemilikan rumah tanpa down payment atau uang muka dengan cara sistem KPR. Dalam acara debat terakhir Pilkada DKI Jakarta pada tanggal 10 Februari 2017, pasangan calon nomor urut dua Djarot Saiful Hidayat melontarkan serangan tajam kepada pasangan Anies-Sandi untuk tidak obral janji dan memberikan program yang sulit untuk direalisasikan. Program tersebut menjadi viral hingga banyak mendapat cibiran dari masyarakat dan peringatan dari sejumlah pihak terkait program tersebut. Banyak media elektronik baik cetak, maupun online yang memberitakannya. Mediamedia tersebut tentu saja memiliki pandangan yang berbeda-beda dan cara penyampaian yang berbeda pula. Media online Detik.com dan Republika.co.id dipilih karena sering kali terlihat berbeda pendapat dan memiliki cara penyampaian yang bertentangan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan berisfat deskriptif. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivis. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis framing dengan model dari Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Unit analisis penelitian ini adalah 9 artikel yang diterbitkan oleh media online Detik.com dan Republika.co.id yang membahas tentang program kampanye milik Anies-Sandi “Tawarkan rumah tanpa DP” pada Pilkada DKI Jakarta 2017 periode 19 January sampai 01 Maret 2017. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan diketahui bahwa Republika.co.id dalam pemberitaanya membingkai dan memilih “aktor” pada beritanya yang lebih menonjolkan pernyataan dari Anies-Sandi tanpa menyertakan pihak lain. Isi berita dari Republika.co.id juga menekankan bahwa program tersebut dapat direalisasikan. Karena hal itu Republika.co.id terlihat menutupi fakta dibalik permasalahan yang terjadi. Sedangkan Detik.com memilih menunjukan sikap apa adanya dalam pemberitaan isu program kampanye tersebut, pada isi artikel Detik.com telah melibatkan pendapat dari pihak lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Konstruksi media online, Framing, Detik.com, Republika.co.id, Program Kampanye. |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation 300 Social Sciences 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 08:33 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 06:45 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5200 |
Actions (login required)
View Item |